Bandung (ANTARA News) - Warga memadati kawasan Alun-alun Kota Bandung seperti di taman sintetis Masjid Raya Bandung Provinsi Jawa saat malam takbiran Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1436 Hijriah/Lebaran 2015 yang jatuh pada Jumat (17/7).

Hingga Kamis pukul 21.00 WIB, warga Kota Bandung dan sekitarnya tampak memadati kawasan tersebut sambil bermain taman tersebut.

Sejumlah polisi dan aparat gabungan lainnya tampak mengawasi kawasan yang dipadati ribuan orang tersebut.

Salah seorang warga Kabupaten Bandung, Firman Hidayat mengaku sengaja datang ke kawasan Alun-alun Bandung untuk memeriahkan malam takbiran.

"Ini kan momentumnya cuma setahun sekali. Jadi sengaja datang ke sini sama teman-teman," kata Firman.

Warga lainnya Nur Ali Barokah juga sengaja datang ke kawasan Alun-alun Bandung untuk memeriahkan malam takbiran.

"Seru malam takbiran di taman Alun-alun Bandung ini, bisa sambil takbiran bisa sambil menikmati Kota Bandung di malam hari," kata dia.

Sementara itu, Kapolrestabes Bandung Kombes Pol AR Yoyol tidak melarang warga untuk melakukan takbir keliling dengan catatan tetap memperhatikan keselamatan dan keamanan.

"Untuk takbir keliling ada syaratnya yakni warga tetap memperhatikan, keamanan dan keselamatannya," kata Yoyol.

Pihaknya meminta masyarakat melakukan takbir keliling dengan tertib dan menghargai pengguna jalan lainnya agar terhindar bentrok di malam takbiran.

"Jadi harus dihindari hal demikian. Kemudian penggunaan mobil bak terbuka saat takbir keliling juga rentan terjadinya kecelakaan karena minim pengamanan. Sehingga kami minta warga tidak menggunakan mobil bak terbuka," kata dia.

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015