... menyediakan bus, atau mengalihkan ke kereta api atau apa saja yang membuat keprihatinan para calon penumpang menjelang Lebaran ini bisa terkurangi...
Jakarta (ANTARA News) - Anggota Komisi V DPR, M Toha, mengatakan, meletusnya Gunung Raung di Bondowoso, Jawa Timur, adalah bencana alam yang tidak bisa diprediksi sama sekali.

Kamis ini, selain letusan Gunung Raung itu, Gunung Gamalama di Ternate, Maluku Utara, juga meletus. 

"Namun saya minta pihak maskapai dan bandara memberi kemudahan-kemudahan bagi calon penumpang untuk mencapai destinasi yang dituju," katanya, di Jakarta, Kamis malam. 

"Misalnya dengan menyediakan bus, atau mengalihkan ke kereta api atau apa saja yang membuat keprihatinan para calon penumpang menjelang Lebaran ini bisa terkurangi," kata Toha.

Kementerian Perhubungan, maskapai penerbangan, PT Angkasa Pura, Air Nav dan pihak-pihak yang berkompeten dan bertanggung jawab atas penerbangan agar memberikan penjelasan terbuka, mungkin sampai ke teknis kenapa pesawat tidak bisa diterbangkan 

"Mohon kiranya BMKG memantau dengan ketat perkembangan keadaan gunung tersebut agar data yang didapat bisa terjelaskan kepada masyarakat secara rinci. Juga agar bisa menjadi dasar yang pasti bagi penerbangan," sebut politisi PKB itu.

Ia juga meminta kepada calon penumpang untuk bersabar dan belum bisa sampai di kampung halaman karena penutupan sementara karena erupsi gunung Raung.

"Musibah alam, menuntut kesabaran bagi para pengguna jasa angkutan udara. Kepada para calon penumpang yang tertunda untuk berjumpa keluarga diberi kesabaran, lebih baik selamat sampai tujuan," demikian Toha.

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015