... jamaah laki-laki sholatnya di lapangan yang berada di sisi selatan masjid, sedangkan jamaah wanita di dalam dan di lantai dua masjid...
Jakarta (ANTARA News) - Masjid Agung Sunda Kelapa siap untuk menampung 7.000 lebih jamaah untuk melaksanakan shalat idul fitri 1436 Hijriah yang akan dilangsungkan pada Jumat esok (17/7).

"Kami sudah melakukan sejumlah persiapan untuk pelaksanaan sholat besok. Masjid bisa menampung sekitar hingga 7.000 lebih jamaah untuk sholat ied," ujar Sekretaris Eksekutif Masjid Agung Sunda Kelapa, Izzudin Syamma, di Jakarta, Kamis.

Untuk pelaksanaannya, pihak Masjid Agung Sunda Kelapa telah melakukan sejumlah persiapan fisik untuk melaksanakan kegiatan ibadah tersebut.

Ia menjelaskan, persiapan tersebut antara lain pembersihan lokasi ibadah, baik di area lapangan sekitar dan dalam masjid, pengecekan "sound system", kelengkapan alat sholat, hingga keamanan area masjid.

"Untuk jamaah laki-laki sholatnya di lapangan yang berada di sisi selatan masjid, sedangkan jamaah wanita di dalam dan di lantai dua masjid," tuturnya menjelaskan.

Selain itu, Masjid yang berdiri di atas Taman Sunda Kelapa, Menteng, tersebut, telah menerima Zakat Fitrah dengan nilai mencapai Rp700 juta lebih. Sedangkan untuk Zakat Maal sudah dibagikan sebesar Rp1,3 miliar selama bulan Ramadhan.

"Di Sunda Kelapa ada tiga kelas zakat, yakni Rp40.000 ke atas, Rp35.000, dan yang terkecil Rp30.000," tukas Izzuddin menambahkan.

Dia menjelaskan, Zakat tersebut sudah dibagikan kepada jamaah yang tidak mampu dan juga disalurkan ke sejumlah yayasan atau masjid lainnya yang membutuhkan.

"Tiap individu mendapat 5 kilogram. Jumlah pasti penerimanya belum dihitung, tapi sangat banyak. Karena ada yang disalurkan ke lembaga lain seperti mushola, masjid, yayasan, atau paguyuban. Tentu kami bagikan dengan persyaratan tertentu," tukasnya.

Masjid Agung Sunda Kelapa merupakan bangunan ibadah bagi umat muslim yang dibangun pada tahun 1968 dan diresmikan pada 31 Maret 1971 oleh Gubernur DKI Jakarta yang menjabat pada saat itu yaitu Ali Sadikin.

Sementara itu, Menteri Agama Lukman Hakim Saefuddin telah mengumumkan hasil sidang itsbat bahwa Hari Raya Idul Fitri 1436 Hijriah jatuh pada Jumat esok (17/7).

Dalam sidang itsbat yang berlangsung di Kantor Kementerian Agama itu, ia menyampaikan laporan sejumlah titik rukyat bahwa ada empat lokasi yang berhasil melihat hilal yaitu Gresik, Lamongan, dan Bojonegoro di Jawa Timur, serta Kepulauan Seribu, Jakarta.

Dengan adanya keberhasilan pemantauan di empat titik tersebut maka disepakati malam ini memasuki 1 Syawal 1436 Hijriah dan seluruh umat Islam akan bersama-sama melaksanakan Sholat Idul Fitri keesokan harinya.

Pewarta: Roy Bachtiar
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015