Ini tujuh lokasi wisata favorit di Bandung Raya

Ini tujuh lokasi wisata favorit di Bandung Raya

Wisata Gunung Tangkuban Perahu Wisatawan lokal dan mancanegara mengunjungi lokasi wisata alam Gunung Tangkuban Parahu, Kec. Lembang, Bandung, Jabar, Senin (29/12). (ANTARA FOTO/Fahrul Jayadiputra) ()

Bandung (ANTARA News) - Tujuh lokasi pariwisata unggulan di Bandung Raya menjadi favorit kunjungan wisata pada Lebaran 2015.

Ketujuh obyek wisata itu adalah kawasan wisata Gunung Tangkuban Parahu, Ciwidey, Ciater Subang, Kebun Binatang Bandung, Taman Lalu Lintas, Cipanas Garut serta kawasan wisata bunga Cihideung.

"Kami mengantisipasi bludakan pengunjung akan terjadi sejak Hari Lebaran esok hari, dan puncaknya diprediksi akan terjadi pada Minggu (19/7)," kata Dirut PT Rani Putra Persada pengelola obyek wisata Gunung Tangkuban Parahu, Putra Kaban, Jumat.

Untuk mengantisipasi dan memecah kunjungan wisata, kata Kaban pihaknya juga sudah menyiapkan sejumlah wahana pendukung sehingga pengunjung bisa datang bergiliran ke puncak gunung api itu.

Hal senada juga diungkapkan oleh humas Kebun Binatang Kota Bandung Sudaryo yang menyatakan pihaknya sudah menyiapkan petugas untuk mengantisipasi lonjakan pengunjung.

Meski ada penyesuaian harga tiket masuk dari Rp20 ribu menjadi Rp26 ribu, kata dia tidak akan berpengaruh terhadap kunjungan wisatawan pada musim Lebaran ini.

"Kami prediksi jumlah kunjungan wisatawan bekisar 20 ribuan per hari," katanya.

Sama halnya dengan Taman Lalu Lintas Bandung juga biasa menjadi obyek wisata pilihan bagi keluarga di Kota Bandung. Biasanya obyek wisata itu satu paket kunjungan dengan Kebun Binatang Bandung.

Sedangkan obek wisata Ciwidey Kabupaten Bandung dengan obyek unggulan Kawah Putih, Pemandian Air Panas Cimanggu, Ciwalini dan Kampung Cainya akan menjadi magnit pada musim Lebaran 2015.

Polres Bandung bahkan telah menyiapkan pergeseran petugas kepolisian untuk mengawal jalur wisata di kawasan Bandung selatan itu.

Posko pengamanan Polres Bandung juga sudah ditempatkan di kawasan Cimanggu lengkap dengan fasilitas pendukungnya.

"Kawasan Ciwidey biasanya menjadi pusat kunjungan wisatawan baik dari Bandung maupun dari beberapa daerah di Jabar, kami antisipasi penuh karena kerap terjadi kepadatan arus lalu lintas akibat jalan sempit," kata Kasat Lantas Polres Bandung AKP Eko Muharyanto.

Sama halnya dengan kawasan Cihideung, juga akan menjadi obyek wisata bunga yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan lebaran.

Selain wisata bunga juga wisata alam dengan ikonya Kampung Daun, Kampung Gajah, Kampung Awi serta The Ranch.

Obyek wisata air panas Ciater Suband dan Cipanas Garut juga menjadi tujuan wisata lebaran. Bahkan di Kabupaten Bandung telah memiliki kawasan wisata air panas Darajat yang saat ini tengah naik daun.

Arus lalu lintas wisata itu akan berbaur dengan arus balik Lebaran yang diprediksi akan mengalir mulai Sabtu dan Minggu lusa.

Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2015

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar