Mudah-mudahan arwah orang tua kami diberikan tempat yang layak di sisi Allah SWT dan terhindar dari siksaan kubur."
Pangkalpinang (ANTARA News) - Sejumlah tempat pemakaman umum (TPU) di Kota Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung dipenuhi para peziarah dari berbagai daerah usai melaksanakan shalat Idul Fitri 1436 Hijriah.

Sepanjang Jumat pagi hingga siang warga tampat memadati sejumlah TPU di kawasan Jalan Mentok, Gabek, Bukit Merapin dan Tua Tunu. Selain berdoa, para peziarah juga tampak membersihkan kuburan sanak keluarganya.

Ratusan kendaraan roda dua dan roda empat tampak terparkir di sepanjang jalan di kawasan TPU-TPU tersebut dan sempat membuat macet lalu lintas. Suasana seperti ini memang rutin terjadi setiap Idul Fitri.

Salah satu peziarah asal Kecamatan Rangkui, Kota Pangkalpinang, Yudi mengaku rutin berziarah ke kuburan keluarganya setiap Idul Fitri.

"Kami berziarah ke kuburan anak kami untuk mendoakannya," ujarnya.

Berziarah ke kuburan, menurut dia, merupakan salah satu cara untuk tetap mendekatkan diri kepada Allah SWT, bahwa semua yang hidup akan kembali kepadaNya.

Dedi Irwandi, salah seorang perziarah di TPU Gabek juga mengatakan sudah menjadi tradisi keluarganya berziarah dan mendoakan orang tua dan anggota keluarga lain yang sudah meninggal dunia.

"Setelah shalat Ied tadi kami sekeluarga berziarah ke kuburan orang tua dan sanak famili lainnya," ujarnya.

Ia berharap Allah memberikan kelapangan dan ketenangan kepada arwah orang tua dan sanak famili lainnya di alam barzah.

"Mudah-mudahan arwah orang tua kami diberikan tempat yang layak di sisi Allah SWT dan terhindar dari siksaan kubur," katanya.

Pewarta: Ahmadi dan Aprionis
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015