Pangkalpinang (ANTARA News) - Ratusan keluarga dan kerabat warga binaan memadati Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Pangkalpinang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), pada hari kedua Lebaran Idul Fitri 1436 Hijriah.

Pantauan lapangan di Pangkalpinang, Sabtu, keluarga dan kerabat keluarga binaan Lapas Kelas IIA Pangkalpinang, cukup mengalami peningkatan dibanding hari pertama Lebaran Idul Fitri 1436 Hijriah.

Terlihat pengunjung antri memadati pintu masuk, tenda tunggu dan tempat parkir kendaraan pengunjung yang disediakan Lapas Pangkalpinang.

Diperkirakan jumlah pengujung pada hari kedua Lebaran mencapai 500 orang mengunjungi 605 orang warga binaan dan tahanan di Lapas Pangkalpinang.

"Saat ini, pengamanan Lapas diperketat seiring pengunjung mengalami peningkatan mengunjungi keluarga, sanak famili dan kerabat yang sedang menjalani hukuman," kata Kepala Kepala Lapas Kelas IIA Pangkalpinang Idad di Pangkalpinang.

Selama Lebaran ini, lanjutnya, waktu berkunjung keluarga diperpanjang mulai pukul 08.30 WIB hingga 17.00 WIB, agar pengunjung lebih leluasa berlebaran dengan warga binaan.

"Kami mengerahkan petugas dan 15 orang warga binaan untuk memberikan pelayanan kepada pengunjung," ujarnya.

Untuk kenyamanan pengunjung, pihaknya telah menyiapkan ruang kunjungan yang lebih luas dan mampu menampung lebih banyak orang, para keluarga warga binaan juga bisa lebih santai mengobrol untuk menghabiskan masa kunjungan yang waktunya tidak lebih dari 30 menit.

"Selama layanan Lebaran ini, kami menerapkan keamanan sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) yang ditetapkan, sehingga terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan," ujarnya. 

Pewarta: Aprionis
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015