New Delhi (Antara/Xinhua-OANA) - Dua perempuan meninggal dan 20 orang lainnya menderita luka akibat berdesakan dalam satu acara keagamaan di Negara Bagian Odisha, India Timur, pada Sabtu (18/7).

"Peristiwa berdesakan terjadi ketika puluhan ribu penganut agama menarik kereta dewa di Kota Suci Puri di negara bagian tersebut dalam kegiatan Rathyatra, satu kegiatan agama Hindu," kata pejabat tinggi kepolisian yang tak ingin disebutkan jatidirinya.

Kedua perempuan tersebut meninggal di tempat, dan korban cederaserius telah dibawa ke rumah sakit, demikian laporan Xinhua.

Pihak berwenang telah menginstruksikan dilakukannya penyelidikan.

Kegiatan agama Hindu, Rathyatra, dirayakan di seluruh India. Dalam kegiatan tersebut, pemeluk agama Hindu menarik kereta dewa.

Peristiwa berdesakan sering terjadi di India, kebanyakan akibat massa yang tak terkendali dan kurangnya pengaturan untuk mengendalikan pertemuan besar.

Hampir satu pekan lalu, tak kurang dari 30 peziarah meninggal dalam kegiatan lain keagamaan di pinggir Sungai Godavari di Negara Bagian Andhra Pradesh di India Selatan.

(Uu.C003)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2015