Sampit, Kalteng (ANTARA News) - Momen Idul Fitri menjadi ajang tebar pesona bagi tokoh-tokoh yang disebut-sebut bakal maju dalam pemilu kepala daerah di Kalimantan Tengah, baik sebagai calon gubernur dan wakil gubernur, maupun bupati dan wakil bupati.

"Masyarakat sekarang sudah cerdas, jadi sudah paham soal seperti ini. Lihat saja, banyak kan bakal kandidat yang memasang spanduk atau baliho ucapan selamat hari raya," kata Rusdi, warga Sampit, Minggu.

Pantauan di lapangan, sejumlah spanduk dan baliho tokoh yang disebut-sebut akan maju dalam pilkada 9 Desember nanti adalah bergambar H Ujang Iskandar, H Sugianto, Willy Middle Yoseph, Asdy Narang serta H Supian Hadi dan HM Taufiq Mukri.

Ujang diusung Partai NasDem sebagai bakal calon Gubernur Kalteng. Di sejumlah spanduk dan baliho, Ujang terlihat bersama istrinya yang merupakan anggota DPRD Provinsi Kalteng.

Sugianto disebut-sebut akan maju sebagai bakal calon Wakil Gubernur Kalteng. Dia berpasangan dengan calon Gubernur Kalteng, HM Riban Satia yang saat ini menjabat sebagai Wali Kota Palangka Raya. Pasangan ini sudah diusung PKB, PPP, PAN, Gerindra dan Partai Golkar versi Agung Laksono.

Willy Middle Yoseph sudah sejak lama mendirikan posko di Sampit dan berkeliling ke sejumlah kecamatan di Kotim. Meski belum terang-terangan, Willy disebutkan sedang menunggu keputusan DPD PDIP Kalteng apakah akan mengusung dirinya atau figur lain.

Sementara Asdy Narang yang merupakan anggota DPR RI asal Kalteng juga dikabarkan akan bertarung di pilkada. Politikus muda ini disebut-sebut akan maju menjadi bakal calon Wakil Gubernur Kalteng berpasangan dengan H Achmad Diran yang saat ini masih menjabat sebagai Wakil Gubernur Kalteng dan kemungkinan diusung sebagai calon Gubernur Kalteng oleh PDIP.

Sementara itu untuk tingkat Kabupaten Kotawaringin Timur, petahana H Supian Hadi dan HM Taufiq Mukri mendominasi reklame ucapan selamat lebaran. Pasangan yang akrab dengan sebutan "Sahati" ini masih dengan kapasitas mereka sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kotim. Namun masyarakat sudah mengetahui bahwa pasangan ini sudah memproklamirkan diri akan tetap berpasangan maju pada pilkada 9 Desember nanti.

Panitia Pengawas Pemilu dan Komisi Pemilihan Umum memang belum bisa berbuat banyak terkait aksi "tebar pesona" para kandidat kepala daerah tersebut. Pasalnya, saat ini belum ada penetapan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng serta calon Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Timur.

Ketua KPU Kotawaringin Timur, Sahlin berulang kali menegaskan, pendaftaran pasangan calon baru dilaksanakan pada 26 hingga 28 Juli nanti. Jika memenuhi syarat, setelah itu barulah dilakukan penetapan calon.

(KR-NJI/Z004)

Pewarta: Norjani
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015