Jaga kesehatan mulut pascalebaran

Jaga kesehatan mulut pascalebaran

Opor ayam, salah satu sajian yang lazim disajikan dalam silaturahmi Lebaran. (JW Marriott Hotel Jakarta)

Jakarta (ANTARA News) - Makanan khas Lebaran seperti opor ayam yang bersantan dan kue-kue manis merupakan lingkungan yang baik untuk retensi plak yang menimbulkan risiko kerusakan gigi bila tidak dibersihkan dengan baik. 

Saat mudik Lebaran ke kampung halaman, makanan-makanan khas Lebaran pastinya terhidang dan mengundang untuk disantap bersama-sama. 

drg Dewi Isroyati dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia mengemukakan beberapa cara membersihkan gigi yang baik, yakni menggunakan benang gigi atau dental floss untuk membersihkan makanan yang kadang menyangkut di sela gigi.

"Hindarilah penggunaan tusuk gigi," kata dia. Dewi mengatakan tusuk gigi dapat menyebabkan sisa makanan masuk ke dalam area gusi yang dapat menyebabkan iritasi pada area gusi. 

Selain itu, berkumurlah dengan air putih setelah mengonsumsi makanan bersantan dan minuman manis untuk meminimalisir plak yang menempel pada permukaan gigi. 

Dia juga mengingatkan untuk selalu menyikat gigi dua kali sehari setelah sarapan pagi dan malam sebelum tidur. 

Menggunakan obat kumur setelah menyikat gigi juga dapat membantu menjaga kebersihan mulut asalkan digunakan dalam intensitas yang benar yaitu1-2 kali dalam sepekan. KEY: kesehatan gigi, merawat gigi, gigi, gigi sehat

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2015

PT KAI Daop 2 Bandung sediakan 446.600 tiket angkutan lebaran

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar