Jakarta (ANTARA News) - Arus kendaraan yang melintasi ruas jalan Sukabumi-Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (20/7) malam mengalami kemacetan parah di sejumlah titik/lokasi.

Pantauan Antara, kemacetan dimulai sejak kendaraan memasuki Cibadak hingga menuju Cisaat, yang kondisinya benar-benar terhenti atau tidak bergerak sama sekali.

Penyebabnya tidak lain adanya keramaian di pusat perbelanjaan dan banyaknya warga yang baru menikmati liburan ke Pantai Pelabuhan Ratu serta masih banyaknya warga bepergian untuk bersilaturahmi.

Kondisi demikian bercampur dengan pengendara arus balik Lebaran baik mobil maupun sepeda motor. Selepas Parung Kuda, kemacetan mulai terurai namun pengguna kendaraan bermotor terjebak kemacetan kembali menjelang Cicurug.

Selepas melintasi pintu rel kereta api Cicurug, arus kendaraan lancar dengan melintasi kawasan wisata Lido, hingga akhirnya kemacetan terjadi kembali di Ciawi, Kabupaten Bogor.

Sejumlah kendaraan roda empat terlihat mogok hingga menambah kemacetan di sejumlah lokasi di jalur Sukabumi-Ciawi.

"Saya dari Sukabumi ke Bogor hampir enam jam," kata Driono, salah seorang pemudik.

Hal senada dikatakan Budi yang menyebutkan normalnya kalau menggunakan sepeda motor dari Sukabumi-Bogor itu 2,5 jam. "Tapi malam ini, hampir sekitar 3,5 jam," katanya.

Pewarta: Riza Fahriza
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015