Layanan arus balik di seluruh daerah operasi PT KAI akan dilakukan hingga H+10 Lebaran 2015
Semarang (ANTARA News) - Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia Edi Sukmoro meninjau kesiapan Stasiun Tawang di Kota Semarang, Jawa Tengah, dalam menghadapi arus balik Lebaran 2015.

"Layanan arus balik di seluruh daerah operasi PT KAI akan dilakukan hingga H+10 Lebaran 2015," kata Edi di sela kunjungan kerjanya di Stasiun Tawang Semarang, Selasa.

Menurut dia, jumlah total pemudik yang menggunakan kereta api selama arus mudik Lebaran 2015 tercatat sebanyak 5,5 juta jiwa atau mengalami kenaikan dua persen dibandingkan tahun lalu.

Ia mengungkapkan bahwa masih banyak para pemudik yang kurang disiplin dengan datang ke stasiun beberapa saat sebelum waktu keberangkatan kereta api.

"Selain itu, masih banyak masyarakat yang sudah membeli tiket kereta api tapi tidak langsung dicetak dan justru mencetak pada hari keberangkatan," ujarnya.

Terkait dengan hal tersebut, Edi mengimbau kepada masyarakat agar segera mencetak tiket yang sudah dibeli dan tiba di stasiun minimal 10 menit sebelum waktu keberangkatan kereta api pada arus balik Lebaran 2015.

Pada 21-25 Juli 2015, kata di, PT KAI akan memberikan pelayanan pengiriman sepeda motor para pemudik dengan tujuan ke Jakarta sebagai upaya mengurangi angka kecelakaan di jalan raya pada arus mudik dan arus balik Lebaran tahun ini.

Berdasarkan data yang diperoleh dari posko Lebaran 2015 Stasiun Tawang, pada Senin (20/7) tercatat sebanyak 4.805 penumpang naik dari Stasiun Tawang, sedangkan jumlah penumpang yang turun pemudik di stasiun setempat sebanyak 4.357 penumpang.

Sementara itu, sejak H+1 hingga H+3 Lebaran 2015, di Stasiun Tawang tercatat sebanyak 12.617 penumpang yang naik dan 29.500 penumpang yang turun.

Pewarta: Wisnu Adhi N.
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2015