Makassar (ANTARA News) - Klub Prambors Jakarta diperkuat sebagian besar pemain SEA Games Singapura saat tampil di kejuaraan nasional sofbol antarklub Piala Wali Kota di Lapangan Sofbol Karebosi Makassar, Sulawesi Selatan, 26 Juli - 2 Agustus 2015.

Ketua Panitia Kejurnas Piala Walikota, Agus Suherman di Makassar, Minggu, mengatakan tim ibu kota itu sekaligus menjadi salah satu unggulan sebagai juara pada ajang yang sebelumnya direncanakan Mei 2015 tersebut.

"Sekitar 80 persen pemain SEA Games akan memperkuat Prambors Jakarta. Kehadiran para pemain SEA Games ini kita harapkan bisa meningkatkan kualitas kejuaraan," jelasnya.

Selain kehadiran para pemain nasional, kejurnas Piala Walikota 2015 ini juga siap diramaikan para pemain asing. Pemain asing dari yang berasal dari beberapa negara seperti Filipina dan Australia itu akan memperkuat sejumlah tim diantaranya Laston (Makassar) dan Lakidendek.

Untuk tim Laston sendiri akan diperkuat tiga pemain asing asal Filipina masing-masing Joemel Abarquez Ramos (pitcher), Antony Atienza Olaez (Pitcher), serta Dennmark Bernardino Bathan yang berposisi sebagai cather.

Kejurnas Piala Walikota 2015 pada awalnya direncanakan diikuti 12 tim terbaik di Indonesia. Namun jelang pelaksanaan sebanyak lima tim memutuskan mundur yang erupakan tim dari Bandung, Banten, Surabaya, Lampung dan Manado, Sulawesi Utara.

Untuk tim asal Manado, kata dia, informasinya terpaksa mundur karena atletnya ada yang mengalami kecelakaan jelang pelaksanaan. Sedangkan untuk empat tim lain karena masalah ketiadaaan anggaran.

Sementara tujuh tim yang tetap memutuskan tampil dan bersaing di kejurnas 2015 itu yakni Prambors Jakarta, Pirates Samarinda (Kaltim), Lakidendek (Sultra), PJP Pra-PON Kaltim, Tim Pra-PON Papua, serta dua wakil tuan rumah yakni Laston dan Celebes Sofbol.

Mengenai absennya lima tim tersebut, tentunya akan mempengaruhi kualitas persaingan dalam memperebutkan status juara. Apalagi lima tim yang mundur itu merupakan tim atau klub sofbol terbaik di Indonesia.

Mengenai sistem pertandingan di kejurnas yang sebelumnya direncanakan Mei 2015 itu, kata dia, akan menggunakan sistem kompetisi dan kemudian dilanjutkan pet sistem.

Pihak penyelenggara juga menyiapkan hadiah dengan total Rp 115 juta. Selain itu juga disiapkan penghargaan individual yakni the best pitcher, the best hitter, the best slugger, the most RBI, dan the best MPB.

"Pelaksanaan Kejurnas Piala Walikota diikuti tujuh tim. Untuk persiapan pelaksanaannya sendiri sudah hampir 100 persen atau tinggal pembersihan lapangan," ujarnya.

Pewarta: Abd Kadir
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015