... ke depan harus dioptimalkan untuk memberdayakan masyarakat dan mengembangkan perekonomian warga setempat...
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Yembise, mengatakan potensi dana tanggung jawab sosial perusahaan, atau Corporate Social Responsibility (CSR) mencapai Rp12 triliun setahun.

"CSR sebesar itu belum dikelola secara maksimal, sehingga ke depan harus dioptimalkan untuk memberdayakan masyarakat dan mengembangkan perekonomian warga setempat," katanya, di Jakarta, Kamis.

Potensi sebesar itu diperhitungkan melalui perolehan sekitar 700 perusahaan, baik BUMN maupun swasta.

Yembise juga mengatakan berdasarkan UU Nomor 6/2014, semua desa di Indonesia kini memiliki keleluasaan memajukan desa masing-masing karena mendapat alokasi dari APBN membangun desa sesuai kearifan desa.

Saat ini di Indonesia terdapat 74.093 desa. "Semua desa tersebut sekarang sudah menerima ratusan juta dari APBN dan secara bertahap akan menerima sebesar Rp1 miliar setahun, bahkan ada beberapa desa yang bisa Rp5 miliar setahun, seumpama di Kabupaten Bandung, Jabar dan Kabupaten Bengkalis, Riau," katanya.

Melalui APBN 2015, 74.093 desa itu menerima anggaran senilai Rp20,766 triliun. Apabila dibagi rata, maka setiap desa menerima 247 juta, namun pembagiannya tidak dilakukan merata karena menyesuaikan dengan luas desa, jumlah penduduk, kawasan perbatasan, hingga letak geografis yang terpencil.

Pewarta: M Ghofar
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015