Jakarta (ANTARA News) - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Yohana Yembise mengatakan kegiatan festival budaya harus terus dikembangkan guna menggali potensi dan kearifan lokal.

"Budaya penting untuk diangkat agar dikenali, dicintai, dikembangkan dan dilestarikan oleh masyarakat," kata Yohana Yembise di Jakarta, Jumat.

Dia menyatakan hal tersebut terkait acara Gelar Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Budaya (GPMB) Expo & Awards 2015 di Jakarta.

Dia menambahkan, Indonesia adalah salah satu negara di dunia yang terkenal karena kekayaan dan kemajemukan budayanya.

"Banyak kearifan dan potensi lokal yang apabila dikembang akan menjadi ikon budaya nasional yang selanjutnya dapat dipromosikan sebagai warisan budaya di tingkat internasional," katanya.

Hal tersebut, tambah dia, memerlukan dukungan dari dunia usaha, organisasi masyarakat, perguruan tinggi dan para tokoh masyarakat.

Karena itu dia mengimbau seluruh lapisan masyarakat khususnya kaum perempuan untuk berperan serta dalam mengembangkan budaya dan kearifan lokal.

"Saya mengharapkan ke depan ada festival budaya yang lebih besar yang menampilkan budaya Indonesia dari Sabang sampai Merauke," katanya.

Sementara itu, GPMB Expo dan Awards 2015 mengusung tema Gerakan desa untuk masyarakat yang lebih berdaya berkarakter dan berbudaya menuju Indonesia Hebat.

Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015