Siswa-siswa yang meraih prestasi akan diberikan penghargaan seperti sertifikat, beasiswa prestasi, medali, serta piala bergilir bagi peraih juara umum,"
Makassar (ANTARA News) - Sebanyak 7.327 peserta dari 34 provinsi di Indonesia ikut meramaikan pelaksanaan ajang Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) di Makassar, Sulawesi Selatan, 2-8 Agustus 2015.

"Jumlah itu terdiri dari 4.037 atlet atau siswa dan sisanya merupakan para pendamping, pembina, juri/wasit, asisten juri/wasit, panitia pusat dan daerah," kata Ketua Panitia O2SN, Jamal Abdi di Makassar, Senin.

Ia menjelaskan, sebanyak 4.037 atlet yang berasal dari berbagai pendidikan dan sekolah mulai dari tingkat SD/SDLB SMP/SMPLB, SMA/SMALB, dan SMK itu akan saling bersaing menjadi yang terbaik pada 13 cabang olahraga yang dipertandingkan.

Adapun 13 cabang olahraga yang dipertandingkan pada O2SN VIII ini yakni catur, atletik, bulu tangkis, tenis meja, senam, renang, karate, pencak silat, bola voli mini, futsal, balap kursi roda, serta olahraga tradisional bocce.

Untuk pertandingannya sendiri akan dilaksanakan di sejumlah lokasi diantaranya KOR dan GOR Sudiang, GOR Bosowa, Stadion Mattoanging, Kolam Renang Mattaonnging, GOR Telkom, SMANKO Sudiang, Universitas Negeri Makassar, Universitas Hasanuddin, serta beberapa hotel yang ada di Makassar.

"Siswa-siswa yang meraih prestasi akan diberikan penghargaan seperti sertifikat, beasiswa prestasi, medali, serta piala bergilir bagi peraih juara umum," katanya.

Panitia O2SN cabang atletik, Danil Lius, mengatakan khususnya untuk olahraga lari itu akan mulai dipertandingakn di Lintasan Lari Kawasan Olahraga (KOR) Sudiang Makassar pada 4 Agustus 2015.

Pada pelaksanaan O2SN cabang atletik, menurut dia, dibagi berdasarkan tingkatan pendidikan atau sekolah. Untuk tingkat SMU sendiri akan mempertandingan dua nomor yakni lari 100 meter putra dan putri serta nomor lompat jauh.

Sementara untuk tingkat SMP justru lebih banyak yang dipertandingkan seperti nomor lari 60 meter putra dan putri, lompat jauh, tolak peluru dan lempar lembing. Adapun untuk tingkat SD juga memperlombakan beberapa kategori modifikasi.

Pelatih atlet Sulsel itu menjelaskan, setiap daerah termasuk Sulsel masing-masing akan diperkuat 12 atlet yang terdiri dua putra dan putri (SD), SMP (dua putri dan putri) dan tingkat SMU yang juga akan diperkuat empat atlet.

"Kami selaku panitia cabang atletik sudah mempersiapkan segala sesuatunya untuk kelancaran acara. Kita juga berharap seluruh atlet bisa mengeluarkan kemampuan terbaiknya pada pertandingan nanti," ujarnya.

Pewarta: Abd Kadir
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015