Ambon (ANTARA News) - Gubernur Maluku, Said Assagaff dijadwalkan menjadi Inspektur Upacara (Irup) perayaan HUT Proklamasi ke-70 di bawah laut pada 17 Agustus 2015 yang merupakan program kerjasama SCTV dan Korps Marinir.

Perwakilan SCTV Maluku, Zahlan Heluth, dikonfirmasi, Selasa, mengatakan, Gubernur Said telah menyatakan kesediaan untuk menjadi Irup perayaan HUT Proklamasi ke-70 yang dipusatkan di kawasan perairan Tapal Kuda, ecamatan Nusaniwe, Kota Ambon.

Gubernur dijadwalkan dilatih selam pada 8 Agustus 2015 oleh personil Marinir.

"Tahap awal bisa berlatih di kolam renang milik Lantamal IX Ambon di Halong, kecamatan Baguala, selanjutnya di lokasi perayaan HUT Proklamasi," ujarnya.

Zahlan mengemukakan, momentum perayaan detik-detik Proklamasi itu juga dimanfaatkan untuk menanam 1.000 anakan terumbu karang sebagai realisasi dari program penyelamatan terumbu karang (save coral reef).

Sebanyak 1.000 anak terumbu karang itu merupakan bagian dari aksi penanaman satu juta terumbu karang akan dimulai dari Sabang sampai Merauke yang dilakukan Korps Marinir TNI AL menjelang HUT Proklamasi RI.

Rehabilitasi terumbu karang akan dilakukan di Pulau Weh Sabang, Aceh, untuk wilayah Indonesia Tengah dilakukan di Pulau Lembeh, Bitung Sulawesi Utara dan kota Ambon untuk wilayah Indonesia Timur.

Penyelamatan terumbu karang merupakan konservasi lingkungan sekaligus bina potensi maritim TNI AL dilakukan serentak pada 16 Agustus mendatang.

Pewarta: Alex Sariwating
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2015