Paris (ANTARA News) - Menjelang awal musim 2015/16 Liga Utama Prancis Ligue 1, Jumat lusa, AFP Sports mencatat lima transfer pemain paling wah selama jeda musim panas, dan berikut kelima nama itu:

1. Abou Diaby (dari Arsenal ke Marseille - bebas transfer)

  Didera cedera selama sembilan tahun di Liga Inggris, pemain berusia 29 tahun ini berjudi untuk tetap di Inggris dengan memilih West Bromwich Albion, namun akhirnya mendarat di Marseille.
  Sudah 16 kali memperkuat Timnas Prancis, Diably dikungkung cedera pergelangan kaki yang diterimanya kala melawan Sunderland beberapa saat setelah bergabung dengan Arsenal dari Auxerre pada Januari 2006. Keluar dari London utara, dia menyepakati kontrak dua tahun untuk bermain di Stade Velodrome guna menjadi salah satu dari delapan muka baru tim asuhan Marcelo Bielsa.

2. Benjamin Stambouli (dari Tottenham Hotspur ke Paris Saint-Germain)
  Gelandang yang bisa beroperasi di pertahanan ini kembali ke negerinya Prancis setelah tak bisa menjadi tim pertama selama satu musim membela Tottenham Hotspur. Pemain berusia 24 tahun ini pernah menjadi komponen penting Montpellier saat menjuarai Liga Prancis 2012 dan bisa mengisi peran penting di PSG yang kehilangan Yohan Cabaye karena pindah ke Crystal Palace dan Thiago Motta yang mungkin juga pindah. Stambouli menampik tawaran Watford dengan lebih memilih kontrak lima tahun di Parc des Princes dengan PSG pada banderol sembilan juta euro. "Sebenarnya saya tak terlalu berencana meninggalkan Liga Premier namun ketika klub besar seperti Paris Saint-Germain memanggilmu, itu membuat pilihanmu menjadi jauh lebih enteng," kata dia.

3. Kevin Trapp (dari Eintracht Frankfurt ke Paris Saint-Germain)
  Pemain Timnas Italia Salvatore Sirigu jelas menjadi pemain nomor satu PSG selama empat tahun terakhir namun sepertinya bakal disalip Trapp setelah kontrak 9,5 juta euro membawa kapten Eintracht Frankfurt itu ke Prancis. Pemain Jerman berusia 25 tahun yang mengawali karir bersama Kaiserslautern dan kini masuk radar pelatih tim nasional asuhan Joachim Loew ini telah menyepakati kontrak lima tahun di Parc des Princes. Dia membuat debutnya pada pertandingan Piala Super Prancis melawan Lyon di Montreal, Kanada.

4. Claudio Beauvue (dari Guingamp ke Lyon)
  Runner-up liga musim lalu itu tengah bersiap kembali ke fase grup Liga Champions untuk pertama kalinya dalam empat tahun terakhir dan berusaha memperkuat barisan serangnya musim ini. Mereka sebenarnya sudah punya Alexandre Lacazette yang mencetak 27 gol pada Ligue 1 musim lalu dan bakat muda nan luar biasa Nabil Fekir. Namun mereka masih merasa harus mendatangkan Beauvue yang berusis 27 tahun dan asli Guadeloupe dari Guingamp dalam kontrak empat tahun dengan nilai 4,5 juta euro ditambah bonus sehingga menjadi 7,5 juta euro. Musim lalu Beauvue mencetak 27 gol pada semua turnamen termasuk 17 gol di Ligue 1. Dia menyamai mantan pemain Guingamp lainnya, Didier Drogba pada 2003.

5. Stephan El Shaarawy (dari AC Milan ke Monaco, status pemain pinjaman)
  Penyerang Timnas Italia berusia 22 tahun asal Mesir ini akan memulai karirnya lagi di Monaco setelah didera cedera selama dua musim terakhir membela AC Milan. El Shaarawy pindah dalam status pinjaman selama satu tahun, namun Monaco punya opsi membeli secara permanen pada musim panas tahun depan.
  Langkah ini merupakan perjudian baik untuk sang pemain maupun bagi perempatfinalis Liga Champions musim lalu itu. El Shaaraway berharap cemerlang di sektor di mana Monaco memperkuat diri, terutama setelah masuknya Ivan Cavaleiro dari Benfica dan Guido Carrillo dari Estudiantes.




Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015