Sydney (ANTARA News) - Australia hari ini mengumumkan paket pembangunan kapal senilai 65 miliar dolar AS untuk membuat beberapa fregat dan kapal patroli baru, ditambah mengganti kapal selam-kapal selamnya dengan mengundang sebuah perusahaan pemasok internasional dalam beberapa bulan ke depan.

Rencana ini akan membuka 2.500 lapangan kerja yang disebut Perdana Menteri Tony Abbott sebagai sangat bersejarah.

"Pemerintah Australia sebelumnya telah mengumumkan bahwa kapal-kapal atau kelas-kelas kapal akan dibuat di Australia," kata Abbott dalam jumpa pers. "Yang kita umumkan hari ini pada dasarnya adalah armada yang dibangun di sini di Australia (Australia Selatan)."

Australia berencana mendatangkan generasi baru kapal selamnya untuk menggantikan armada kapal selam Kelas Collins yang bertenaga diesel dan listrik serta sudah usang itu yang akan dipensiunkan pada 2026.

Prancis, Jerman dan Jepang berlomba mendapatkan kontrak yang disebut program pertahanan Australia terbesar dalam sejarahnya ini yang nilainya mencapai 50 juta dolar AS.

Di antara yang dibangun adalah program "Frigat Masa Depan" untuk menggantikan Kelas ANZAC yang saat ini beroperasi pada  2020, sedangkan kapal patroli baru akan menggantikan kapal patroli Kelas Armidale sampai 2018, demikian AFP.



Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015