Gubernur Lampung siapkan Rp250 miliar untuk sarana olahraga

Gubernur Lampung siapkan Rp250 miliar untuk sarana olahraga

Gubernur Lampung, Muhammad Ridho Ficardo (ANTARA FOTO/Andika Wahyu)

Bandarlampung (ANTARA News) - Gubernur Lampung M Ridho Ficardo menyatakan akan menyiapkan anggaran sebesar Rp250 miliar untuk pembangunan sarana dan prasarana olahraga di provinsi itu.

"Saya sudah bertemu Menpora soal fasilitas olahraga di Lampung, kita hanya diminta untuk menyiapkan lahannya saja," kata dia saat membuka Musyawarah Olahraga Provinisi (Muspoprov) X KONI Provinsi Lampung di Gedung Pusiban, Bandarlampung, Selasa.

Menurut dia, perkembangan olahraga di Lampung cukup pesat sehingga membutuhkan fasilitas yang memadai guna mengembangkan sektor tersebut.

"Kita sama-sama mengetahui dulu Lampung bisa mencapai peringkat lima se-Indonesia, namun sekarang hanya bertahan di peringkat 10 saja," ujar dia.

Ini bukan kemampuan atlet-atlet Lampung yang menurun melainkan prestasi daerah lain yang meningkat.

Untuk itu, dia berharap dengan adanya Musorprov X ini dapat membuka jalan agar pertumbuhan dan perkembangan prestasi olahraga di Lampung bisa kembali berjaya seperti sebelumnya.

Selain itu, Gubernur Lampung juga menyerahkan sebesar Rp135 juta sebagai tali asih yang diharapkan dapat dipergunakan untuk pembinaan atlet-atlet yang dinaungi Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Lampung.

Gubernur juga berharap dengan terpilihnya ketua baru nantinya dapat segera mempersiapkan menghadapi PON IX di Jawa Barat pada 2016.

"Saya yakin Lampung masih bisa berprestasi di sektor olahraga, namun masih butuh bantuan seluruh elemen masyarakat guna mensukseskan tujuan tersebut," kata dia.

Sementara itu, Ketua KONI Pusat Tono Suratman mengatakan, Musorprov ini merupakan momentum yang penting dalam menunjang kemajuan olahraga ke depan sehingga perlu dengan selektif untuk melakukan pemilihan tersebut.

"Saya yakin Lampung bisa terus mengembangkan bidang olahraga, dan bersaing pada PON mendatang," kata dia.

Dia menyebutkan, waktu satu tahun ke depan bukanlah sedikit sehingga masih bisa mempersiapkan atlet secara maksimal.

"Bonus demografi Provinsi Lampung seharusnya bisa dimanfaatkan untuk kemajuan atlet sehingga ke depan akan banyak prestasi olahraga di torehkan dari provinsi ini," ujarnya.

Dia juga mengapresiasi dukungan Gubernur Lampung terhadap kemajuan dunia olahraga.

"Saya yakin Lampung mampu bersaing dengan daerah lain pada PON di Jawa Barat mendatang," kata Tono.

Pewarta: Edy Supriyadi-Agus S
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2015

Presiden Jokowi lantik Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung

Komentar