counter

Busa sampo sedikit saat keramas? ini sebabnya

Busa sampo sedikit saat keramas? ini sebabnya

ilustrasi Seorang wanita memamerkan gaya rambut Afrika-Kolumbia dalam konpetisi gaya rambut Afro di Cali, Minggu (1/6). (ANTARA FOTO/REUTERS/Jaime Saldarriaga)

Jakarta (ANTARA News) - Sebagian dari kita mungkin pernah merasa busa sampo saat keramas terlalu sedikit, padahal kita telah mengaplikasikan sampo dalam jumlah relatif banyak ke rambut Anda.

"Kalau kita keramas tetapi busanya sedikit sekali, itu berarti rambut sudah terlalu kotor. Ulangi keramas sekali lagi," ujar Research and Development Unilever Indonesia, Tbk, Vivi Tri Andari, di Jakarta, Selasa.

Vivi mengatakan, jenis aktivitas misalnya sering beraktivitas di luar ruang ditambah keringat bisa menjadi penyebab rambut kotor. Menurut dia, saat keramas sebaiknya tak perlu menggosok-gosok rambut terlalu kuat, tetapi cukup dipijat dengan lembut.

Menggosok rambut terlalu kuat hanya akan menyebabkan kerusakan pada bagian kutikula rambut. Akibatnya, lanjut dia, rambut bisa menjadi kasar.

"Gerakan mekanik membantu membersihkan kotoran di rambut, terutama kulit kepala. Yakinkan bahwa cara menyampo kita rata ke seluruh rambut. Tak perlu terlalu lama," kata dia.

"Saat keramas kita biasanya menggosok-gosok rambut kuat-kuat, itu bisa merusak kutikula. Lalu saat mengeringkan terlalu sering menggunakan hair dryer. Itu bisa menyerap kelembaban alami rambut sehingga merusak rambut," pungkas Vivi.

Tradisi Unik, Keramas Dengan Abu Jerami

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2015

Komentar