Surabaya (ANTARA News) - Paduan suara Universitas Surabaya (Ubaya) menyabet medali emas untuk kategori "Mixed Youth" dan "Musica Sacra" dalam "4th Bali International Choir Festival 2015" di Bali pada 29 Juli-2 Agustus 2015.

"Perlombaan bertaraf international yang diselenggarakan untuk keempat kalinya oleh BCS (Bandung Choral Society) itu diikuti peserta dari Indonesia, Makedonia, Malaysia, dan Filipina," kata salah seorang anggota Paduan Suara Ubaya, Sandra Yunita, di Surabaya, Kamis.

Sementara itu, juri yang didapuk panitia juga berasal dari Filipina, Korea, Spanyol, Indonesia, Makedonia, Malaysia, dan Singapura. Untuk peserta dari Indonesia adalah Surabaya (Ubaya), Palu, Medan, Banten, Malang, Manado, NTT, Papua, Minahasa, Kalimantan, Semarang, Bandung, Purwokerto, dan Magelang.

"Kami tidak menduga akan mendapatkan medali emas di kategori Musica Sacra, karena saingannya sangat ketat," katanya tentang lomba yang diikuti 41 orang, termasuk peserta ke Surabaya yang kembali ke Kota Pahlawan pada tanggal 5 Agustus 2015.

Setiap peserta diberi waktu 30 menit, pemanasan 10 menit kemudian tampil untuk menyanyikan dua lagu selama 10 menit, dan transit/singgah ke "backstage" 10 menit.

Uji coba panggung kategori Mixed Youth pada tanggal 28 Juli 2015 dan uji coba kategori Musica Sacra pada tanggal 30 Juli 2015. Lokasi perlombaan ada dua, yakni kategori Musica Sacra di Gereja Kristus Yesus Kuta pada 31 Juli 2015, dan kategori Mixed Youth bertempat di Sanur Paradise Plaza Hotel pada tanggal 1 Agustus 2015.

"Setiap peserta bebas memilih tema, Ubaya menyanyikan dua judul lagu pada setiap kategori. Pada kategori Mixed Youth menyanyikan Pemujaan Leluhur dari Suku Indian song at dusk - Rene Clausen dan tema percintaan Ove, Lass, IL bel Viso - komposer Morten Lauridsen," katanya.

Dalam kategori Musica Sacra, tim Ubaya menyanyikan Kelahiran Tuhan Yesus: Hodie Christus Natus Est- komposer Ruggiero Giovannelli dan Kemuliaan: Gloria - komposer: Jung-Sun Park. Nilai tertinggi kategori Musica Sacra diraih peserta dari Medan, Palu, dan Ubaya, sedangkan kategori Mixed Youth disabet Malaysia 1, Malaysia 2, dan Ubaya.

Pewarta: Edy M Yakub
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015