Dari 400-an pembimbing haji yang diseleksi hanya 197 dinyatakan lulus...
Bekasi (ANTARA News) - Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar melantik 21 anggota Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji 2015 di Aula Arafah Asrama Haji Embarkasi Jakarta- Bekasi, Kota Bekasi, Jumat.

"Setiap tahun kita harapkan pelayanan PPIH berjalan baik agar tercipta rasa aman, nyaman dan tenang menjalankan ibadah haji. Kita memfasilitasi kebutuhan para calon haji mulai masuk asrama, keberangkatan dan kepulangan," katanya di Bekasi.

Agenda pelantikan itu juga dihadiri Direktur Pelayanan Luar Negeri Kementerian Agama RI Sri Ilham Lubis, Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat Ahmad Buchori, Wakil Wali Kota Bekasi Ahmad Syaikhu dan Rektor UIN Sunan Gunung Djati.

Deddy mengatakan, agenda pelatihan itu juga mengisyaratkan bahwa Pemerintah Provinsi Jabar telah siap menyelenggarakan ibadah haji 2015.

Menurutnya Pemprov Jabar rutin memberikan pembekalan bagi petugas yang menyertai ibadah haji yang sebelumnya diseleksi bekerja sama dengan Universitas Islam Negeri Gunung Djati Bandung melalui sistem komputerisasi.

"Dari 400-an pembimbing haji yang diseleksi hanya 197 dinyatakan lulus dan dapat membantu calon haji melakukan ibadah haji. Pelayanan terus kita tingkatkan guna kemudahan ibadah haji tahun ini," katanya.

Berdasarkan data Kementerian Agama yang disampaikan Direktur Pelayanan Luar Negeri, Sri Ilham Lubis pada tahun 2015 ini jamaah haji Indonesia berjumlah sekitar 157.075 calon jamaah haji.

Sementara untuk Calon Jemah Haji asal Kota Bekasi pada 2015 berjumlah 1983 orang yang berasal dari 12 kecamatan setempat.

Para jemaah ini akan mulai diberangkatkan ke Tanah Suci Makkah pada 21 Agustus hingga 17 September 2015.

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015