Jakarta (ANTARA News) - Pemrakarsa komunitas foto instagram iPhonesia, Aries Lukman, menilai penggunaan hashtag (tanda pagar atau tagar) dalam instagram telah bergeser.

"Ide hashtag saat ini sudah bergeser, sudah untuk jualan atau cari follower, sebisa mungkin jangan," kata dia dalam salah satu kelas IdeaFest 2015 Rise of the Instagram Photographers di Jakarta, Jumat.

"Hashtag penting juga sih sebenarnya, tapi hashtag yang terbatas itu lebih baik agar yang melihat hashtag benar-benar sesuai dengan minat," sambung dia.

Menurut Aries, penggunaan hashtag sebenarnya berfungsi seperti folder untuk memisahkan file-file dengan kategori tertentu.

"Hastag itu sebenarnya folder yang memudahkan pengguna instagram untuk mencari sesuatu. Jadi sebenarnya pengguna yang memakai hashtag lebih ingin sesuatu yang memang nyambung," ujar Aries.

"Kalau hashtag tidak sesuai foto akan susah cari folder, jadi sebisa mungkin jangan deh, lebih bijaksana saja memakainya," tambah dia.

Alih-alih menggunakan banyak hashtag untuk mendapatkan follower yang banyak, Aries menyarankan pengguna memasukkan lokasi foto pada kolom Name This Location.

"Isi place location itu sangat membantu karena di folder lokasi itu fotonya akan keluar dan itu sangat membantu menaikan follower," kata Aries.

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015