Jakarta (ANTARA News) - LINE Webtoon, aplikasi membaca komik gratis, ingin menambah jumlah komikus Indonesia yang berpartispasi dalam mengisi konten di aplikasi tersebut.

"Target kami akhir tahun ini ada tujuh komikus lokal," kata Manager Line Webtoon Indonesia Ghina Fianny saat jumpa pers di Popcon Asia 2015, Jumat sore.

Saat ini, dua komikus asal Indonesia, Sweta Kartika dengan "Piraku X Piraku" dan Faza Meonk "Si Juki", bergabung dengan LINE sejak beberapa bulan yang lalu.

Untuk menambah jumlah komikus lokal, Ghina mengatakan ia melakukan pendekatan dengan beberapa komikus sekaligus akan mengadakan LINE Webtoon Challenge yang pemenang utamanya akan menjadi komikus tetap.

LINE Webtoon merupakan platform penerbitan digital gratis bagi para pembuat komik baik profesional maupun amatir dari LINE Corporation, perusahaan berbasis di Jepang yang mengoperasikan aplikasi berbalas pesan.

Aplikasi LINE Webtoon di Indonesia telah diunduh sebanyak 1,5 juta kali berdasarkan data bulan Juli, terbanyak dari perangkat berbasis Android, dan dibaca oleh 3 juta orang per bulan.

Menurut Ghina, aplikasi mobile membaca komik merupakan salah satu cara bagi komikus untuk mengembangkan karyanya sekaligus membuka bisnis baru.

Di Indonesia, peringkat teratas komik yang dibaca adalah "Orange Marmalade", "Girls of The Wild" dan "Si Juki: Lika-Liku Anak Kos".

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015