Jakarta (ANTARA News) - Sekjen Pengurus Pusat Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (PA GMNI) Ahmad Basarah terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum PA GMNI periode 2015-2020.

Ketua Sidang Pleno Kongres III Riad Oscha Chaliq, dalam keterangannya, di Jakarta, Sabtu pagi, mengatakan, agenda sidang pleno pertama pada Jumat (7/8) adalah pengesahan jadwal, peserta dan tata tertib kongres yang dilanjutkan dengan laporan pertanggungjawaban Ketua Umum PA-GMNI periode 2010-2015, Soekarwo.

Pada saat pemandangan umum Pengurus Daerah Alumni GMNI, kata dia, kemudian 27 Pengurus Daerah PA-GMNI selain menerima LPJ Ketua Umum PA GMNI periode 2010-2015 juga mengusulkan dan meminta Ahmad Basarah bersedia dicalonkan menjadi Ketua Umum PA-GMNI.

Melihat seluruh PD PA GMNI mengusulkan nama Ahmad Basarah akhirnya pimpinan sidang Andreas Pareira menanyakan apakah Ahmad Basarah dapat ditetapkan langsung sebagai Ketua Umum.

"Seluruh peserta sidang pleno kemudian secara bulat menyatakan persetujuannya," kata Riad.

Sidang pleno kongres PA GMNI ke III dipimpin oleh Riad Oscha Chaliq dan Andreas Pareira yang mewakili unsur Pengurus Pusat periode 2010-2015, Profesor Budi (Ketua PA Jogya) Lancar Siahaan (Ketua PA GMNI Sumut) dan Hanok Mandoku (Sekretaris PA GMNI Maluku).

Agenda kongres selanjutnya pada Sabtu ini pukul 09.00 WIB adalah sidang-sidang komisi yang terdiri dari Komisi Politik, Komisi Program dan Komisi Organisasi.

"Rencananya Kongres akan ditutup pada hari Minggu (9/8) pukul 10 pagi yang salah satu agendanya penyampaian sikap politik kongres," kata Riad.

Ahmad Basarah mengaku bersyukur telah terpilih menjadi Ketua Umum PA GMNI.

"Alhamdulillah, pada Sabtu dini hari pukul 00.05 WIB, saya ditetapkan secara aklamasi menjadi Ketua Umum PA GMNI 2015-2020," kata Basarah secara singkat.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2015