Jakarta (ANTARA News) - Arsenal dipermalukan di kandangnya sendiri oleh West Ham setelah kalah 0-2 pada pekan pertama Liga Utama Inggris di Stadion Emirates, London, Minggu.

The Hammers mencetak gole pertama dari Cheikhou Kouyate setelah memaksimalkan umpan Dimitri Payet pada menit 43 yang kemudian digandakan Mauro Zarate pada menit 57.

Pada awal permainan, dua pemain West Ham, Mark Noble dan Angelo Ogbonna, diganjar kartu kuning akibat melanggar Oxlade-Chamberlain dan Coquelin.

The Gunners menciptakan peluang dari tendangan Oxlade-Chamberlain pada menit 11 namun bola masih melambung ke atas gawang Adrian. Enam belas menit kemudian Oliver Giroud melepaskan tendangan dari dalam kotak penalti namun bola berhasil dihalau Ogbonna, sedangkan tendangan Ramsey  membentur mistar gawang West Ham pada menit 31.

Petr Cech yang tampil perdana untuk Arsenal harus mengambil bola dari gawangnya usai tendangan bebas Payet dikonversi menjadi gol oleh Cheikhou Kouyate pada menit 43.

West Ham menambah keunggulan menjadi 2-0 melalui sontekan Mauro Zarate yang memanfaatkan kelengahan Oxlade-Chamberlain pada menit 58.

Arsenal mengubah taktik dengan memasukkan penyerang timnas Inggris Theo Walcott menggantikan gelandang bertahan Coquelin satu menit setelah gol Zarate.

Hingga menit 67 Arsenal tidak kunjung menciptakan peluang matang sehingga pelatih Arsene Wenger memainkan penyerang tambahan Alexis Sánchez yang menggantikan bek Mathiew Debuchy.

Menjelang laga usai Arsenal berpeluang menciptakan gol dari tandukan Giroud setelah menerima umpan silang Oxlade-Chamberlain dari sisi kanan namun hingga laga usai skor tetap 2-0 untuk kemenangan West Ham.

Statistik Liga Utama Inggris, mengutip laman ESPN, mencatat Arsenal menguasai 62 berbanding 38 persen atas West Ham. The Gunners juga melepaskan enam sepakan ke gawang sementara West Ham empat tendangan.
 
Hasil ini membawa West Ham berada pada peringkat atas klasemen sementara dengan koleksi tiga poin bersama Leicester, Crystal Palace, Aston Villa, dan Manchester United.

Berikut susunan pemain kedua tim:

Arsenal (4-2-3-1): Cech; Debuchy (Alexis Sanchez), Mertesacker, Koscielny, Monreal; Coquelin (Theo Walcott), Cazorla; Ramsey, Ozil, Oxlade-Chamberlain; Giroud.

West ham (4-3-1-2): Adrian; Tomkins, Reid, Ogbonna, Cresswell; Oxford (Nolan), Noble, Kouyate; Payet; Zarate (Jarvis), Sakho (Maiga).




Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015