counter

Pertama kali, gubernur peringati kemerdekaan di Tugu Proklamasi

Pertama kali, gubernur peringati kemerdekaan di Tugu Proklamasi

Dokumentasi sejumlah anak bermain jelang HUT ke-68 Kemerdekaan Indonesia, di Tugu Proklamasi, Jakarta, Kamis (15/8). Tugu Proklamasi merupakan tempat bersejarah yang menjadi salah satu pembuktian deklarasi Kemerdekaan Indonesia. (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

... idenya Pak Djarot, mungkin karena beliau orang Blitar, yang jelas kita orang DKI dibikin sibuk untuk 17-an..
Jakarta (ANTARA News) - Untuk pertama kalinya, gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta akan hadir dan memimpin upacara 17 Agustus, memperingati kemerdekaan Republik Indonesia di kawasan Monumen Proklamasi, di Jalan Proklamasi Nomor 56, Menteng, Jakarta Pusat.

"Rencananya, DKI 1 dan DKI 2 akan upacara 17-an di sini, untuk pertama kalinya diadakan di sini. Ini idenya Pak Djarot, mungkin karena beliau orang Blitar, yang jelas kita orang DKI dibikin sibuk untuk 17-an," kata Sugandi, salah seorang staf koordinator keamanan dan pemeliharaan kebersihan Tugu Proklamasi di Jakarta, Senin.

Berbagai persiapan pun dilakukan untuk menyambut hari peringatan kemerdekaan ke-70 Indonesia ini. Salah satunya, kata Sugandi, adalah kegiatan kerja bakti dan konservasi tiga tugu yang ada di kawasan itu.

"Kerja bakti terus dilakukan, kami siram tanaman, memoles lantai plaza, menambah penerangan lampu-lampu, serta mengecat tiang bendera," kata Sugandi.

Sebenarnya, hal serupa sudah rutin dilakukan setiap jelang 17 Agustus, bedanya, kali ini taman di sekitar kawasan akan diperindah dengan lampu-lampu.

"Nanti akan ada napak tilas oleh komunitas Gedung Joeang dan biasanya ada renungan malam, lalu tanggal 17 ada upacara."

Dua tahun berturut-turut (2013 hingga 2014), Gubernur DKI Jakarta (saat itu), Joko Widodo, memilih melakukan upacara peringatan kemerdekaan Indonesia di Monas.

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2015

Mahfud MD : Ahok tak bisa gantikan Ma’ruf Amin jadi Cawapres ataupun Wapres

Komentar