Petugas di bandara sudah membersihkan landasan pacu dan berbagai sarana penunjang yang terpapar abu vulkanis Gunung Raung...
Banyuwangi (ANTARA News) - Penerbangan di Bandara Blimbingsari Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Senin, kembali beroperasi normal dan mulai dibuka, setelah enam hari ditutup akibat abu vulkanis Gunung Raung (3.332 mdpl).

"Bandara Blimbingsari hari ini dapat beroperasi normal berdasarkan Notice to Airmen (Notam) C0703/15 dan dibuka pukul 09.00 WIB karena bebas abu vulkanis Gunung Raung," kata Kepala Bandara Blimbingsari, Sigit Widodo, di Banyuwangi.

Bandara yang berada di Kecamatan Rogojampi, Kabupaten Banyuwangi itu ditutup sejak Selasa (4/8) pukul 13.30 WIB hingga Minggu (9/8) berdasarkan Notam yang diterima pihak bandara.

"Petugas di bandara sudah membersihkan landasan pacu dan berbagai sarana penunjang yang terpapar abu vulkanis Gunung Raung beberapa waktu lalu, sehingga semuanya sudah bersih dan aktivitas penerbangan bisa dilakukan hari ini," tuturnya.

Menurutnya, petugas sudah melakukan observasi di lapangan dan cuaca cukup cerah di Bandara Blimbingsari, kemudian pihak Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan dan AirNav mengizinkan Bandara Blimbingsari dibuka.

Selain itu, pihak bandara juga berkoordinasi dengan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melalui Pos Pengamatan Gunung Api Raung di Kecamatan Songon dan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

"Dengan dibukanya Bandara Blimbingsari, aktivitas penerbangan komersial dan pesawat latih milik tiga sekolah pilot bisa kembali beroperasi normal," katanya.

Meskipun Bandara Blimbingsari dibuka, Sigit mengatakan pihak maskapai Garuda Indonesia memilih untuk membatalkan penerbangan dengan rute Surabaya-Banyuwangi atau sebaliknya, sedangkan rute Denpasar-Banyuwangi tidak ada jadwal penerbangan untuk hari Senin dan Jumat.

"Untuk maskapai Wings Air siap beroperasi dan penerbangan dari Bandara Blimbingsari tepat waktu pukul 13.45 WIB. Masing-masing manajemen maskapai memiliki teknik yang berbeda dalam menyikapi hal ini," ujarnya.

Penutupan Bandara Blimbingsari selama enam hari menyebabkan belasan kali penerbangan dari maskapai Garuda Indonesia dengan rute Surabaya-Banyuwangi PP dan rute Denpasar-Banyuwangi PP, serta maskapai Wings Air rute Surabaya-Banyuwangi PP dibatalkan.

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015