Banjarbaru (ANTARA News) - Sejumlah Badan Usaha Milik Negara di Kalimantan Selatan, melaksanakan penanaman 10.000 Mangrove dalam rangka turut ambil bagian menyambut Hari Ulang Tahun RI ke-70.

General Manager PT PLN (Persero) Kalselteng Mursalin di Banjarbaru Rabu mengatakan, kegiatan dilaksanakan di Sungai Loban, Pagatan Kabupaten Tanah Bumbu 15 Agustus 2015.

"Penanaman 10 ribu Mangrove itu bekerja sama dengan Lulut Mangrove dan Lembaga Penelitian Universitas Lambung Mangkurat," ujar koordinator pelaksana kegiatan itu.

Ia mengatakan, instansi yang dipimpinnya ditunjuk koordinator pelaksana kegiatan yang diberi nama "BUMN hadir untuk negeri" wilayah Kalsel bekerja sama dengan BUMN lain.

Dijelaskan, penanaman 10.000 Mangrove sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan khususnya dalam menjaga keberlangsungan ekosistem Mangrove di provinsi setempat.

"Kami mengatakan masyarakat dan aktivis lingkungan dalam penanaman 10 ribu pohon Mangrove itu sehingga mereka bisa menjaga dan memelihara agar tumbuh besar," ungkapnya.

Menurut dia, kegiatan peduli lingkungan itu merupakan bagian dari 13 kegiatan yang dilaksanakan BUMN se Kalsel dalam rangka memperingati hari kemerdekaan bangsa ini.

Ditekankan, rangkaian kegiatan hasil kolaborasi seluruh BUMN di Kalsel diharapkan berdampak langsung bagi masyarakat dan mereka menjadi lebih mengenal BUMN.

"Melalui program 'BUMN hadir untuk negeri' masyarakat merasakan kehadiran BUMN sebagai salah satu agen pembangunan sesuai instruksi Presiden Joko Widodo," ucapnya.

Disebutkan, kegiatan dimulai pada 14 Agustus 2015 yakni program 1.000 gigi bersinar murid SD, penanaman 10.000 Mangrove, jalan sehat dan sepeda santai.

Kemudian, malam renungan dan hiburan layar tancap, pemberian beasiswa SD/SMP, bantuan renovasi SD/SMP, bantuan sarana fasilitas laboratorium SMK.

Selanjutnya, bedah rumah veteran, pemberian tali asih kepada veteran RI, program sembako murah, perbaikan kampung, lomba 17-an dan panggung hiburan rakyat.

Pewarta: Yose Rizal
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015