Untuk bedah rumah dilakukan bekerja sama dengan TNI yang akan merenovasi rumah veteran dengan anggaran maksimal Rp40 juta per unit."
Padang (ANTARA News) - PT Semen Padang menggelar kegiatan Bakti BUMN Untuk Negeri yang merupakan rangkaian acara memperingati 70 Tahun Indonesia Merdeka di Sumatera Barat dengan tema "BUMN Hadir untuk Negeri".

"Ada banyak kegiatan yang akan digelar mulai dari bedah rumah, sepeda santai, jalan sehat, pesta kuliner kaki lima serta panggung hiburan dan lainnya," kata Direktur Utama PT Semen Padang Benny Wendry di Padang, Rabu.

Beny menjelaskan gebyar acara memperingati HUT RI ke-70 merupakan instruksi dari Kementerian BUMN di mana di Sumbar ditunjuk PT Semen Padang dan Bulog sebagai penyelenggara.

"Untuk bedah rumah dilakukan bekerja sama dengan TNI yang akan merenovasi rumah veteran dengan anggaran maksimal Rp40 juta per unit," ujar dia

Sementara untuk pesta kuliner panitia akan mengumpulkan pedagang kaki lima dan masyarakat boleh makan gratis sepuasnya, lanjut dia.

Tidak hanya itu Kementerian BUMN juga menginisiasi pembuatan situs untuk menampung pendaftaran Program Siswa Mengenal Nusantara dan Program BUMN Mengajar.

Program Siswa Mengenal Nusantara setiap provinsi mengirimkan 17 siswa kelas 2 SMA untuk dikirim ke provinsi lain selama dua minggu untuk saling mengenal keaneragaman budaya provinsi, dan siswa ini harus berasal dari keluarga kurang mampu.

"Sementara untuk Program BUMN Mengajar, diterapkan kewajiban mengajar oleh direksi dan pejabat eselon I dan II," kata dia.

Komandan Korem 032 Wirabraja Brigjen TNI Widagdo Hendro S mengapreasiasi kegiatan tersebut karena setelah 12 tahun, baru tahun ini kembali dilaksanakan kegiatan serupa.

"Untuk bedah rumah akan dikerjakan oleh TNI bersama masyarakat, jadi tidak dibayar," ujar dia.

Ia prihatin melihat kondisi rumah veteran ada yang dari bambu, nanti yang seperti itu akan diganti dengan kayu dan TNI bersama masyarakat siap bekerja.

Selain itu juga akan digelarkan kegiatan lain bertema hiburan, peduli lingkungan dan pendidikan.

Rangkaian kegiatan yang akan diselenggarakan antara lain pelepasan penyu di Kota Pariaman, pemutaran film kepahlawanan, bantuan fasilitas laboratorium SMK dan pemberian beasiswa kepada 178 pelajar.

Kemudian penjualan sembako murah di beberapa kota yaitu Pariaman, Padang, Agam, dan Padangpanjang, lomba permainan rakyat, pembuatan 1.000 jamban dan pembangunan instalasi air bersih.

Lalu, revitalisasi pasar rakyat Indarung , pembangunan lapau panjang Cimpago dan pencanangan program Hutan Nagari.Pembangunan Jalan.

Pewarta: Ikhwan Wahyudi
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015