PGN bersama seluruh BUMN yang ada di DKI Jakarta, siap mensukseskan berbagai kegiatan dari program wajib dilaksanakan (mandatory dari Kementerian BUMN), hingga program khusus yang akan dihelat PGN,"
Jakarta (ANTARA News) - Kementerian BUMN menugasi PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) sebagai koordinator kegiatan perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-70 dengan tema "BUMN Hadir Untuk Negeri" di wilayah Propinsi DKI Jakarta.

"PGN bersama seluruh BUMN yang ada di DKI Jakarta, siap mensukseskan berbagai kegiatan dari program wajib dilaksanakan (mandatory dari Kementerian BUMN), hingga program khusus yang akan dihelat PGN," kata Sekretaris Perusahaan PGN Heri Yusup, kepada Antara, di sela Rapat Koordinasi pelaksanaan Perayaan HUT Kemerdekan RI, di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis.

Menurut Heri, tujuh program wajib yang akan digelar dalam rangka HUT Kemerdekaan RI tersebut yaitu upacara bendera, gerak jalan sehat 8 km, memberikan bantuan fasilitas laboratorium kepada 17 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), bedah rumah veteran sebanyak 45 unit, pemutaran layar tancap, sembako murah 70 persen dan lomba lainnya yang diikuti masyarakat sekitar.

Upacara pengibaran Bendera Merah Putih digelar pada 17 Agustus 2015, Kantor Kementerian BUMN dimana bertindak sebagai Inspektur Upacara yaitu Dirut PT PGN Hendi P Santoso yang merupakan Ketua Koordinator Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-70 untuk wilayah Jakarta.

Peserta upacara terdiri atas pegawai Kementerian BUMN, perwakilan pejabat BUMN masing-masing sebanyak 2 orang, perwakilan 17 SMK, dan ditambah dengan perwakilan 45 veteran penerima bantuan.

Usai upacara, dilaksanakan pemberian bantuan fasilitas laboratorium kepada 17 SMK masing-masing menerima dana sebesar Rp25 juta. Selanjutnya secara simbolis diserahkan bantuan bedah rumah kepada 45 orang anggota veteran yang masing-masing menerima dana Rp40 juta.

Sehari sebelumnya, pada 16 Agustus 2015, digelar jalan sehat 8 kilometer dengan rute Sudirman-Thamrin, start dan finish di halaman Kantor Kementerian BUMN.

Jumlah peserta jalan sehat diperkirakan mencapai 3.850 orang, terdiri atas sekitar 3.000 orang masyarakat dan pegawai BUMN beserta keluarga, dan sekitar 850 orang dari wakil masing-masing BUMN.

Panitia menyiapkan makanan atau kuliner gratis untuk para perta yang digelar di Kantor Kementerian BUMN mulai dari sate ayam, mie kondang, bubur ayam, lontong sayur, tempe mendoan, jajanan pasar, bubur kacang ijo, batagor hingga kue pancong.

"Kami akan melibatkan ratusan para pedagang makanan untuk menyediakan menu jajanan, semuanya gratis. Sehingga memberikan suasana gembira bagi masyarakat yang menjadi peserta jalan sehat," ujar Heri.

Pantia juga menggelar acara hiburan musik, termasuk memberikan door prize menarik dalam jumlah dan nilai besar.

Pada malam harinya (16 Agustus 2015), akan diputar film pilihan yang dapat menggugah rasa nasionalisme di kalangan anak muda dan remaja, seperi film Laskar Pelangi, Bendera, Garuda Di Dadaku di tiga lokasi, yaitu Rusun Marunda, dan Rusun Perumnas Kemayoran.

"Lagi-lagi semuanya gratis, selain makanan, juga akan diberikan hadiah menarik bagi masyarakat," tegas Heri.

Masih dalam rangkaian Peringatan 70 Tahun Indonesia Merdeka, program penjualan sembako murah dengan potongan harga 70 persen kepada masyarakat akan dilaksanakan pada 14-19 Agustus 2015 di lima wilayah DKI Jakarta.

Masing-masing wilayah disediakan 3.400 paket bantuan berisi beras, gula dan minyak goreng), di mana hasil penjualan disumbangkanuntu rumah ibadah setempat.

"Akan disebara sebanyak 17.000 paket dengan harga Rp100.000 per paket. Dengan begitu total nilai bantuan paket sembako mencapai Rp1,7 miliar," ujar Heri.

Pada kesempatan itu Heri menjelaskan, sejalan dengan perayaan HUT Kemerdekaan RI ke -70 tersebut, PGN juga menggelar program khusus yaitu donor darah, pengisian BBG gratis, naik bajaj gratis, pelatihan tata boga dan pemberian komik pahlawan Indonesia.

Pewarta: Royke Sinaga
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015