Jakarta (ANTARA News) - Ketua DPD Irman Gusman mengatakan, masalah kerukunan beragama yang tetap berjalan dengan harmonis di Tanah Air tetap perlu diperhatikan oleh berbagai pihak yang ada di Indonesia.

"Masalah kerukunan antarumat beragama perlu mendapat perhatian kita semua," kata Irman Gusman dalam pidatonya di rapat paripurna Sidang Tahunan MPR 2015 di Jakarta, Jumat.

Irman Gusman memaparkan, berbagai pihak di Republik Indonesia harus menjaga agar tidak ada gangguan baik dari dalam maupun luar negeri yang menggerogoti kerukunan bangsa.

Untuk itu, ujar Ketua DPD, pihaknya harus memperteguh kebhinekaan dengan memupuk rasa toleransi atas perbedaan dan keberagaman di nusantara.

Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam acara Puncak Acara Gebyar 33 Tahun Ponpes Modern Islam As-Salaam, Surakarta, Jawa Tengah, Sabtu (8/8) juga menyatakan bahwa Republik Indonesia adalah negara mayoritas muslim yang harmonis dan menghargai penganut agama lainnya sehingga dapat menciptakan keberagamaan yang bersatu.

Sebelumnya, Ketua MPR Zulkifli Hasan mengatakan perayaan hari Idul Fitri mencerminkan toleransi antarumat beragama yang ada di Indonesia.

Pewarta: Muhammad Razi Rahman
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2015