Mataram (ANTARA News) - Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di Provinsi Nusa Tenggara Barat akan menggelar lomba menghias gapura dan kebersihan desa, diikuti 17 desa yang ada di Pulau Lombok dalam rangka memeriahkan peringatan HUT ke-70 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Vice President Area Head Mataram PT Bank Mandiri (Persero) Putu Apriyanto di Mataram, Jumat mengatakan peringatan HUT ke-70 Kemerdekaan Republik Indonesia untuk lomba tersebut dipilih desa-desa yang ada di Pulau Lombok, karena waktu relatif mepet.

"Kami mengharapkan para pimpinan BUMN di NTB ini ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan lomba menghias gapura dan kebersihan desa itu. Untuk satu desa kami menugaskan lima pimpinan BUMN untuk menghadiri acara tersebut," ujarnya.

Putu Apriyanto selaku Person In Charge (PIC) Wilayah NTB berterima kasih kepada para pimpinan BUMN di NTB atas kesediaannya untuk terlibat secara langsung dalam berbagai kegiatan guna memeriahkan HUT ke70 Kemerdekaan RI dengan tagline "BUMN Hadir untuk Negeri" di daerah itu.

Ia mengatakan untuk desa-desa yang terbaik dalam lomba akan diberikan hadiah. Kegiatan ini sekaligus untuk mendekatkan BUMN dengan masyarakat.

Selain lomba menghias gapura, 37 BUMN di NTB juga menjual 2.028 paket sembako murah senilai Rp100 ribu per paket, dijual dengan harga Rp30 ribu per paket berisi beras 5 kilogram beras, 1 liter minyak goreng, 1 kotak kopi, 1 kotak teh dan 1 kaleng susu kental manis.

Peringatan HUT ke-70 Kemrdekaan NTB dengan gerakan "BUMN Hadir Untuk Negeri" juga akan melaksanakan program bedah rumah untuk 45 unit rumah veteran yang ada di NTB. Bantuan yang diberikan berupa material bangunan senilai sebesar Rp30 juta per unit. Pengerjaan rumah akan dilakukan oleh Zeni Korem 162 Wira Bakti.

"Kegiatan bedah rumah veteran siap dilaksanakan. Kami sudah berkoordinasi dengan Korem 162 Wira Bakti dan Legiun Veteran. Penyerahan bantuan bedah rumah akan dilaksanakan secara simbolis pada upacara peringatan 17 Agustus nanti," katanya.

BUMN di NTB juga akan menyerahkan bantuan penambahan fasilitas laboratorium untuk 17 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di NTB. Penyerahan bantuan akan dilakukan secara simbolis pada upacara peringatan HUT proklamasi.

"Semua biaya kegiatan dalam rangka memeriahkan HUT ke-70 Proklamasi Kemerdekaan RI di NTB ditanggung oleh PT Bank Mandiri dan Perum Damri," katanya.

Pewarta: Masnun
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015