Palembang (ANTARA News) - Kalangan BUMN di Sumatera Selatan akan membantu alat laboratorium di 17 Sekolah Menengah Kejuruan untuk memperingati HUT ke-70 RI yang pada tahun ini mengusung semangat "Gerakan Sinergi BUMN Membangun Negeri".

Sekretaris Perusahaan PT Jasa Marga Mohammad Sofyan di Palembang, Sabtu, mengatakan, bantuan ke sekolah yang berjumlah 17 ini untuk memakna tanggal HUT RI yakni 17 Januari 1945.

"Rencana penyerahan bantuan dilakukan setelah upacara HUT RI di Lapangan PT Pusri yang diikuti seluruh perwakilan BUMN di Sumsel," kata dia.

Ia mengatakan pada peringatan tahun ini, BUMN mengusung semangat berbeda sehingga beragam kegiatan akan dilakukan yang intinya ingin membangkitkan semangat membangun negeri.

"Untuk memaknai angka delapan dari 17 Agustus 1945, sudah digelar jalan sehat delapan kilometer pada hari ini, kemudian akan dilanjutkan dengan merenovasi 45 rumah veteran," kata dia.

Terkait persiapan upacara, menurutnya, PT Pusri menjadi yang bertanggung jawab untuk pelaksanaanya.

"Untuk upacara, nanti seluruh karyawan BUMN yang ada di Palembang, dan sekitarnya diwajibkan untuk ikut serta. Sementara di luar Palembang, diharuskan mengirimkan wakilnya," ujar dia.

Pada peringatan HUT RI ke-70 ini, kalangan BUMN di seluruh Indonesia turut ambil bagian dengan menggelar kegiatan sosial hingga upacara bendera pada 17 Agustus 2015.

Khusus untuk provinsi Sumsel, PT Jasa Marga dan PT Indofarma ditugaskan mengatur pelaksanaan di Palembang.

Koordinasi dengan seluruh BUMN yang beroperasi di Sumatera Selatan sudah dibangun dan pada prinsipnya kalangan BUMN ingin peringatan HUT ini membangkitkan semangat kesatuan dan kesinergian dalam membangun negeri.

"Selain itu ada kegiatan lain yakni donor darah dan pemeriksaan penyakit menular di halaman gedung DPRD Provinsi pada 16 Agustus, dan bantuan hadiah untuk lomba bidar dan ketek hias," ujar dia.

Pewarta: Dolly Rosana
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015