Jakarta (ANTARA News) - Bagi aktris dan penyanyi Ayushita Nugraha, menghargai kemerdekaan yang diperjuangkan pahlawan dapat dimulai dari hal kecil dalam kehidupan sehari-hari.

"Dengan melakukan hal berdampak baik untuk orang banyak, sesederhana buang sampah pada tempatnya," kata Ayushita beberapa waktu lalu.

Aksi kecil itu bila dilakukan oleh seluruh warga Jakarta, misalnya, tentu dapat mengurangi potensi bencana banjir yang rutin menyambangi ibukota.

Menurut pemilik album "Morning Sugar", setiap warga negara Indonesia dapat mengikuti jejak pahlawan dengan cara memprioritaskan kepentingan umum ketimbang kepentingan pribadi.

"Kita bisa membuat hal kecil yang berdampak besar bagi Indonesia," kata penyanyi yang mengenang upacara bendera di sekolah sebagai salah satu bentuk terima kasih pada pahlawan.

Dia juga mengajak para generasi muda untuk memperjuangkan kemerdekaan dengan cara masing-masing tanpa melulu menyalahkan kerja pemerintah.  "Dukung semua karya, industri, alam, budaya wisata Indonesia. Kalau perasaan cinta sudah ada, semua bisa diperjuangkan," pungkas dia. 

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2015