"Kami berharap dukungan penuh dari para pemangku kepentingan guna mewujudkan program sejuta rumah.."
Jambi (ANTARA News) -  Perum Perumnas melakukan "bedah rumah" sebanyak 45 unit untuk para veteran yang tersebar di sejumlah desa di Provinsi Jambi.

Direktur Utama Perum Perumnas Himawan Arief Sugoto di Jambi Senin, mengatakan program "bedah rumah" itu merupakan rangkaian memeriahkan hari Kemerdekaan RI ke-70, dan sekaligus menghargai jasa para pahlawan yang telah berjuang untuk negeri.

Program "bedah rumah" ini juga menunjukkan bahwa pemerintah sangat konsen dalam masalah perumahan bagi masyarakat.

"Bedah rumah untuk veteran  merupakan kesadaran Perumnas untuk selalu menghargai perjuangan para pendahulu yang telah berupaya keras dalam memperjuangkan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," katanya.

Nilai untuk kegiatan itu sebesar Rp40 juta per rumah. Bantuan tersebut merupakan wujud nyata kepedulian BUMN terhadap para veteran yang telah berjuang merebut kemerdekaan RI pada masa lalu.

Untuk di Jambi, Perumnas bekerja sama dengan PT Barata dan PTPN VI bersama ZENI TNI bertugas untuk melaksanakan kegiatan ini, kata Himawan.

Dijelaskan, saat ini sebanyak 25 juta rumah di Indonesia yang dinilai tidak layak huni dan itu termasuk rumah dari para veteran.

Selain itu, Perum Perumnas juga memberikan program "rumah merdeka" yaitu dengan memberikan potongan harga untuk kalangan menengah ke bawah hingga akhir Agusus 2015.

Perum Perumnas sebagai BUMN kerap mendapat tugas khusus untuk melayani masyarakat Indonesia terutama kalangan menengah ke bawah. Peran Perumnas dalam menyediakan rumah selalu menjadi sorotan dan harapan bagi masyarakat Indonesia dalam upaya pemenuhan kebutuhan dasar mereka.

"Kami berharap dukungan penuh dari para pemangku kepentingan guna mewujudkan program sejuta rumah, karena bagi kami semestinya merdeka itu adalah terpenuhinya kebutuhan dasar seseorang termasuk didalamnya rumah," ujar Himawan.

Sementara itu Wakil Komandan Zeni TNI AD di Kota Jambi, Mayor Gede Arandana mengatakan, pihaknya menyambut baik adanya dukungan penuh Perumnas dan BUMN lainnya di Jambi dalam menyelenggarakan bedah rumah untuk para veteran.

"Ini untuk yang pertama kalinya di Jambi dan pihaknya sangat mengapresiasi inisiatif ini dan berharap akan terus digalakan, dan pihaknya akan bergotong royong dengan masyarakat setempat untuk melakukan kegiatan ini," kata Mayor Gede Arandana.

Kegiatan bedah rumah untuk 45 veteran di Jambi, dilakukan Perumnas usai pelaksanaan kegiatan upacara HUT RI ke 70 yang dihadiri oleh perwakilan seluruh pegawai BUMN yang ada di Provinsi Jambi yang terpusat di halaman kantor PTPN VI Jambi.

Pewarta: Nanang Mairiadi
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2015