Solo (ANTARA News) - PPSM Magelang berhasil sukses kedua kali setelah mengalahkan Persibangga Purbalingga dengan skor 5-1 pada pertandingan lanjutan Grup C Piala Kemerdekaan 2015 di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, Selasa petang.

PPSM pada pertandingan sebelumnya telah membungkam tim tuan rumah Persis Solo 2-3, dan kini yang kedua berhasil menundukkan Persibangga denganskor menyakinkan 5-1.

PPSM menghadapi Persibangga tampil lebih taktis meski sedikit lamban, tetapi Robi Fajar dan kawan-kawan berhasil memanfaatkan semua peluang yang terjadi. Sedangkan,Persibangga meski mampu mengusai permainan tetapi mereka kesulitan menembus pertahanan lawan.

PPSM lebih dahulu mampu menjebol gawang Persibangga menit 11 babak pertama melalui tendangan kaki Saeful Amar dari sektor sudut kanan mengarah ke pojok gawang yang tidak mampu diantisipasi kiper Persibangga, Muaziz Safii, sehingga mengubah kedudukan menjadi 1-0.

PPSM kembali menambah gol menit 19 melalui tendangan Robi Fajar, setelah berhasil melewati kiper Persibangga, sehingga mengubah kedudukan menjadi 2-0.

Sebaliknya, Persibangga ada dua peluang untuk memperkecil gol melalui Bernandus Fernando menit 21, tetapi tendangannya berhasil ditangkap kiper PPSM, Joko Ribowo. Dan, Kosim menit 30, tetapi bolanya melambung di atas mistar gawang PPSM.

PPSM yang unggul dua gol atas Persibangga tersebut tetap bertahan hingga babak pertama usai.

PPSM melawan Persibangga memasuki babak kedua tetap bermain konsisten, Robi Fajar dan kawan-kawan tampil taktis dengan mengandalkan serangan balik. Sedangkan, Persibangga tampil lebih agresif untuk mengejar ketinggalannya.

Namun, PPSM justru kembali menambah gol menit 48 melalui tendangan kaki Agung Budi yang berhasil lolos sendiri dan hanya berhadapan dengan kiper Muaziz. Agung Budi melakukan tembakan ke arah pojok gawang dan gol, sehingga kedudukan menjadi 3-0.

Persibangga yang ketinggal tiga gol bermain lebih agresif akhirnya mampu memperkecil kekalahan pada menit 55 melalui tembakan Bernandus Fernando, sehingga mengubah kedudukan menjadi 3-1

Namun, PPSM yang menafaatkan peluang keasyikan Persibangga yang terus meyerang kembali menambah gol menit 79 melalui pemain striker Robi Fajar yang lolos sendirian dan mengceoh kiper Muaziz, sehingga kedudukan menjadi 4-1.

Bahkan, PPSM kembali membekukan kemenangan menjadi 5-1 atas Persibangga, setelah injury time berhasil mencetak gol melalui kaki Agung Budi yang hanya berhadaan engan kiper Muaziz,.Wasit yang memimpin pertandingan Untung Suhendro asal Yogyakarta akhirnya meniup eluat panjang tanda berakhir kedudukan 5-1 untuk PPSM.

Wasit dalam pertandingan tersebut mengeluarkan empat kartu kuning untuk Farikhin (Persibangga), Ahmad Taufiq, Imama Said Albana, dan Agung Budi (PPSM).

Pelatih PPSM Magelang Gatot Barnowo mengatakan bahwa kemenangan timnya yang kedua melawan Persibanggan ini, membuka peluang lolos ke babak delaan besar.

"Kami apresiasi anak-anak hasilnya bagus, tetapi saya tidak suka permainan mereka yang meremahkan lawan,"kata Gagot Barnowo.

Pihaknya telah meminta timnya untuk tampil seperti bermain final setiap kali bertandingan sehingga mereka selalu bermain enuh semangat untuk bisa memenangkan pertandingan.

"Kemenangan ini, bisa untuk modal pemainnya tampil lebih bersemangat pada pertandingan selanjutnya melawan PSIR Rembang," katanya.

Pelatih Persibangga Purbalingga Siswanto mengatakan pihaknya mengakui keunggulan PPSM, karena timnya tidak ada waktu untuk persiapan pada Piala Kemederkaan ini.

"Saya baru dua hari ini, bertemu pemainnya dan langsung melakukan pertandingan melawan Persingan Ngawi kalah 4-1 dan kini melawan PPSM 5-1," katanya.

Kendati demikian, timnya tetap ikut memeriahkan Piala Kemerdekaan tersebut dan yang terpenting tidak mengotori sepak bola Indonesia.

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2015