Semangat "Ayo Kerja" warnai HUT RI di Sofia

Semangat "Ayo Kerja" warnai HUT RI di Sofia

Pawai Budaya HUT RI. Warga Desa Candi mengikuti pawai budaya di Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Selasa (18/8). Pawai yang dilakukan untuk memeriahkan HUT ke-70 Kemerdekaan Republik Indonesia tersebut menampilkan sejumlah kesenian daerah. (Antara Foto/Aditya Pradana Putra) ()

London (ANTARA News) - Semangat "Ayo Kerja" terus digelorakan KBRI Sofia dalam rangka memperingati HUT ke-70 Kemerdekaan RI.

Demikian disampaikan Dubes Bunyan Saptomo pada upacara peringatan HUT ke-70 RI tanggal 17 Agustus 2015 di KBRI Sofia, kata Pensosbud KBRI Sofia, Dina Martina kepada Antara London, Selasa.

Upacara berlangsung dengan hikmat dan dihadiri sekitar 60 orang terdiri dari Staf KBRI Sofia dan masyarakat Indonesia termasuk pelajar Indonesia yang sedang mengikuti program pertukaran pelajar dan magang di KBRI.

Seusai upacara Dubes dan Ibu Lia B Saptomo melakukan pemotongan tumpeng yang diberikan kepada Ani Mancheva dan Sutowo mewakili pegawai KBRI yang paling lama bekerja di KBRI serta I Gusti Putera mewakili diaspora Indonesia di Bulgaria.

Dubes juga menyerahkan penghargaan kepada Ani Mancheva sebagai pegawai KBRI yang paling loyal dan berdedikasi tahun 2015 yang telah bekerja selama lebih dari 30 tahun di KBRI Sofia.

Suasana peringatan HUT RI semakin meriah dengan adanya berbagai perlombaan dan pertandingan olahraga bola Voli, bulutangkis, tenis meja dan gaple yang dilaksanakan setelah upacara bendera usai.

Chef Indonesia yang baru tujuh bulan bekerja di salah satu restauran di Sofia, Agus Tantowi menyatakan, sangat senang dapat ikut merasakan kegembiraan perayaan ini diakhiri acara ramah tamah dengan Dubes RI dan Ibu Lia B Saptomo

KBRI berhasil meningkatkan kerja sama perdagangan kedua negara dari 77,5 juta dolar AS pada tahun 2010 menjadi 123,1 juta pada tahun 2014 dengan tren pertumbuhan sebesar 11 persen per tahun.

Kondisi serupa juga terjadi dengan Albania yang mengalami tren peningkatan dari 4,5 juta dolar AS pada tahun 2010 menjadi 7,5 Juta dolar AS pada tahun 2014.

Untuk lebih meningkatkan hubungan ekonomi bilateral, KBRI bekerjasama dengan pengusaha di Varna mendirikan "Indonesia Showroom" di kota tersebut.

KBRI Setiap tahun juga menyelenggarakan Business Trip untuk pengusaha Bulgaria menghadiri Trade Expo Indonesia

Dubes menyebut kegiatan promosi menjadikan Indonesia semakin populer di Bulgaria terlihat dari meningkatnya jumlah mahasiswa di Kelas Bahasa dan Budaya Indonesia di Universitas Sofia dari sebelumnya kurang dari 10 mahasiswa pada tahun 2012/2013 menjadi 33 orang 2014/2015.

Dubes menyerukan agar staf KBRI dan masyarakat Indonesia di Bulgaria terus meningkatkan kinerja untuk meningkatkan hubungan bilateral di berbagai bidang, baik di tingkat pemerintah (G to G) maupun tingkat masyarakat (P to P).

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2015

DJPb NTB dorong pemda dan satuan kerja eksekusi anggaran lebih awal

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar