Jakarta (ANTARA News) - Indosat, anggota dari Grup Ooredoo, mendatangkan sepasang jerapah dari Kebun Binatang Taronga, Sydney, Australia ke Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta, sebagai komitmen mendukung program kota kembar antara dua kota tersebut.

"Diharapkan minat masyarakat untuk mengunjungi tempat wisata ini akan meningkat. Kami berharap jerapah akan menjadi satwa favorit bagi pengunjung khususnya anak-anak dan pelajar, dapat lebih mengenal satwa tertinggi di dunia ini," kata Direktur Utama & CEO Indosat Alexander Rusli dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Selasa.

Sebelumnya Indosat juga telah menyerahterimakan aplikasi "Ragunan Zoo" kepada Taman Margasatwa Ragunan akhir Mei 2015.

Kedatangan sepasang jerapah ini merupakan bagian dari kerja sama "Breeding Loan" satwa antara Taman Margasatwa Ragunan dengan Kebun Binatang Taronga yang merupakan bagian dari kerja sama kota kembar antara Jakarta dengan Sydney pada tanggal 30 Mei 1994.

"Breeding Loan" satwa ini berupa pemberian sepasang jerapah dari Kebun Binatang Taronga kepada Taman Margasatwa Ragunan dan peminjaman sepasang harimau sumatera selama lima tahun dari Taman Margasatwa Ragunan kepada Kebon Binatang Taronga.

Kerja sama ini telah mendapatkan persetujuan dari Presiden RI dan mendapat rekomendasi dari Pusat Penelitian Biologi LIPI.

Sepasang Jerapah yang menambah koleksi Taman Margasatwa Ragunan tersebut mendapatkan nama dari Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama dan Direktur Utama & CEO Indosat.

Dirgah, untuk jerapah jantan diberikan oleh Basuki Tjahja Purnama, dan Ayuri70, untuk jerapah betina diberikan oleh Alexander Rusli.

Aplikasi "Ragunan Zoo" yang sudah diserahterimakan kepada Taman Margasatwa Ragunan merupakan aplikasi bergerak yang memuat berbagai informasi TM Ragunan mengenai binatang, info jadwal atraksi binatang, peta digital area kebun binatang, permainan interaktif, serta berbagai fasilitas yang ada di area kebun binatang.

Para pengunjung dapat menikmati aplikasi ini dengan menggunakan operator mana pun yang memiliki smartphone berbasis sistem operasi Android dengan mengunduh aplikasi Ragunan Zoo melalui layanan Google Play Store secara cuma-cuma (gratis). Hingga saat ini, Ragunan Zoo sudah diunduh lebih dari 6000 kali dengan rating 4,64 dari skala 5.

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015