Makassar (ANTARA News) - Para pelari asing asal Kenya sudah berdatangan untuk persiapan mengikuti lomba lari marathon bertajuk "Sorowako Run" di Sorowako, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan, 22 Agustus 2015.

"Sudah ada dua pelari dari Kenya yang tiba di Sorowako sejak kemarin. Untuk peserta lainnya segera akan menyusul jelang hari pelaksanaan," jelas Panitia Penyelenggara Sorowako Run, Ismail saat dihubungi dari Makassar, Kamis.

Mengenai kedatangan para pelari asing yang lebih awal, dirinya mengaku untuk lebih beradaptasi dengan kondisi cuaca dan rute yang akan dilalui para peserta. Pihaknya juga menyambut positif antusiasme pelari asing terhadap kejuaraan ini.

Selain dua pelari asing, beberapa atlet lokal didaerah itu juga sudah mulai aktif berlatih disekitar lokasi pertandingan.

"Kami saat ini masih terus menunggu para pendaftar yang ingin terlibat di ajang Sorowako Run 2015. Kami membuka pendataran online di website www.sorowakorun.com," katanya.

Selain menyiapkan hadirah ratusan juta, pihak penyelenggara juga tawarkan keindahan Danau Matano bagi para peserta lomba lari.

Pemilihan jalur di sekitar Danau Matano juga sebagai upaya pihak penyelenggara dalam mempopulerkan keindahan Danau Matano ke peserta dari Indonesia dan luar negeri yang drencanakan mengikuti kejuaraan berhadiah ratusan juta tersebut.

"Kami sengaja memilih jalur disekitar Danau Matano untuk memberikan pemandangan indah bagi peserta yang ikut berlomba. Kami berharap para peserta lebih termotivasi saat lomba nanti," ujarnya.

Pelaksanaan Sorowaku Run 2015 ini akan mempertandingkan tiga jenis lomba yakni kategori 5K dan 10K terbuka/terbuka, 21K tertutup, kategori anak-anak dan Fun Run.

Untuk kategori 5K dan 10K terbuka dibatasi untuk pelari dari Indonesia saja. Sedangkan kategori tertutup 10K dan 5K untuk warga di wilayah Luwu Raya yang mencakup Kabupaten Luwu Timur, Luwu, Luwu Utara, Kota Palopo, plus Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara,"katanya.

Sementara untuk kategori 21K diperuntukkan bagi pelari dari semua negara termasuk atlet profesional maupun pelari rekreasional.

"Para pelari nasional dan internasional direncanakan ambil bagian dalam lomba ini. Kami juga masih menunggu para peserta lain yang lain untuk segera mendaftarkan dirinya di Sorowako RUN 2015," katanya.

Pewarta: Abd Kadir
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015