Jayapura (ANTARA News) - Fakultas Teknik Universitas Cenderawasih (Uncen) Jayapura mendukung rencana pembangunan kereta api (KA) di Papua.

Dekan Fakultas Teknik Uncen Apolos Safanpo, di Jayapura, Jumat, mengatakan bahwa pihaknya mendukung rencana Pemerintah Papua untuk membangun KA di Papua, dan telah berseminar sejak Kamis kemarin (20/8)

Menurut dia, seminar KA itu diharapkan mampu membuat serangkaian kajian tentang pembangunan perkeretaapian sekaligus dapat memberikan rekomendasi kepada pemerintah daerah untuk menindaklanjuti pembangunan infrastruktur kereta api di Papua.

Pemateri dalam seminar itu didatangkan dari Institut Teknologi Bandung (ITB) Bandung, Prof. Ir. Basauli Umar Lubis, Ph.D, Ir. Julison Arifin, M.Sc., Ph.D.dan Kepala Badan Percepatan Pembangunan Kawasan Papua DR. Hariman Daring, SpI, MTP.

Ketua Komisi IV DPR Papua, yang membawahi bidang infrastruktur, Boy Markus Dawir mengatakan bahwa seminar yang dilakukan sesuai dengan visi Gubernur Papua Lukas Enembe

"Kami mendukung untuk kelanjutan dari seminar ini untuk membuat gran desain terkait perkeretaapian di Papua," ujarnya.

Naskah akademik dan tahapan-tahapannya dapat dicanangkan dan pembangunan mulai dilakukan. Dewan juga akan mendorong proses pembangunan kereta api di wilayah Papua, agar bisa berjalan cepat, ujarnya menambahkan.

Pewarta: Musa Abubar
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2015