Setiap sore atau subuh-subuh, saya ajak anak-anak saya blusukan bersepeda di sekitar rumah. Seringnya ke Ragunan. Rumah saya kan di daerah Bintaro tuh, di sana masih banyak pohon-pohon,"
Jakarta (ANTARA News) - Vokalis dan pencipta lagu Agustinus Gusti Nugroho atau yang akrab disapa Nugie (43), mengaku sudah mengajarkan kedua anaknya mencintai lingkungan sejak dini.

Caranya, dengan mengenalkan kedekatan dengan alam setiap hari.

"Setiap sore atau subuh-subuh, saya ajak anak-anak saya blusukan bersepeda di sekitar rumah. Seringnya ke Ragunan. Rumah saya kan di daerah Bintaro tuh, di sana masih banyak pohon-pohon," kata Nugie usai peluncuran kampanye peduli perubahan iklim brightFuture di Jakarta, Jumat.

Menurut Nugie, anak-anaknya lebih menikmati jika dibawa ke alam dari pada harus diajak ke taman wahana bermain atau mal.

Selain itu, gaya hidup "hijau" pun dikenalkannya pada putra-putrinya di rumah seperti mengurangi penggunaan mobil dan kendaraan bermotor lain, selalu membawa bekal air minum dari rumah menggunakan botol minum alih-alih beli air kemasan, menghindari bungkus plastik dengan memilih kardus bekas saat belanja bulanan dan lain-lain.

"Melihat itu semua, sekarang anak saya sudah mulai kritis kalau ada orang bakar-bakar sampah, atau ada sungai kotor atau tumpukan sampah. Anak saya yang masih tiga tahun saja sudah mulai protes, kok ini banyak sampah sih, seperti itu. Itu membuat saya sangat bangga sebagai seorang Bapak," kata Nugie yang hobi bersepeda itu.

Hasil pengenalan tersebut tidaklah sia-sia, Nugie mengatakan, anak pertamanya yang kini duduk di bangku kelas 2 SD menjadi teladan bagi teman-temannya untuk hidup ramah lingkungan.

"Sekarang dia ke mana-mana bawa bekal botol minum, dan selalu mengantungi sampah kalau tidak menemukan tempat sampah. Itu dicontoh sama teman-temannya. Saya bilang, Mas kami enggak malu kan? Dia bilang enggak. Saya nasihati anak-anak saya untuk tidak takut menjadi beda asal benar," katanya.

Menjani gaya hidup hijau, menurut Nugie justru menguntungkan, terutama dalam segi ekonomi rumah tangga.

"Istri saya, menteri keuangan di rumah, justru mendukung sekali karena ini bisa memangkas pengeluaran. Meski istri daya tidak menyatakan ikut bergabung dengan LSM lingkungan tertentu, tapi sekarang dia memilih berbagi mobil kau keluar bareng temen-temennya dari pada seorang diri naik mobil," kata pelantun lagu " Pelukis Malam" itu.

Pewarta: Ida Nur Cahyani
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015