Upacara HUT RI di Brussel dihadiri diaspora

Upacara HUT RI  di Brussel dihadiri diaspora

Bendera Indonesia (FOTO. ANTARA)

London (ANTARA News) - Cuaca berawan dengan suhu 16 derajat Celcius tidak mengurangi antusiasme ratusan masyarakat, diaspora dan mahasiswa Indonesia di Belgia mengikuti peringatan HUT ke-70 Kemerdekaan RI di lapangan terbuka KBRI Brussel di Avenue de Tervuren 294.

Dengan langkah tegak 12 personel Pasukan Pengibar Bendera terdiri dari putra-putri diaspora Indonesia di Belgia mengibarkan bendera Sang Saka Merah Putih, demikian Counsellor KBRI Brusel, Riaz JP Saehu kepada Antara London, Jumat.

Upacara dilaksanakan dengan pembina upacara Kepala Perwakilan RI/Kuasa Usaha ad Interim untuk Kerajaan Belgia, Keharyapatihan Luksemburg dan Uni Eropa, Ignacio Kristanyo Hardojo,

Teks Proklamasi dibacakan Arief Wibowo, kandidat doktor dari Katholieke Universiteit Leuven, Wakil Ketua PPI Belgia. Sementara Teks UUD 1945 dibacakan Aryani Sari Rahmanti, arsitek yang menjabat sebagai Chief Officer Indonesian Institute of Architects-European Union Chapter.

Pembacaan doa disampaikan Baktiar Hasan Ph.D, ekspatriat Indonesia yang bekerja sebagai researcher/biostatistician di European Organization for Research and Treatment of Cancer sejak tahun 2007 dan merupakan salah satu ustad dari Keluarga Pengajian Muslim Indonesia (KPMI) Belgia dan Luksemburg.

Peringatan HUT RI diakhiri pemotongan tumpeng sebagai tanda ungkapan rasa syukur dan diberikan oleh Ignacio Kristanyo Hardojo kepada tokoh masyarakat Indonesia di Belgia, Dubes IGNK Sumantera.

Usai upacara seluruh peserta upacara dihibur penampilan puluhan anak-anak Indonesia yang menyanyikan lagu Hari Merdeka dan Gebyar Gebyar dan dilanjutkan dengan fun bike yang diikuti tidak hanya staf dan keluarga KBRI Brussel, tetapi juga anak-anak, masyarakat dan diaspora Indonesia di Belgia.

Upacara peringatan kemerdekaan RI ini merupakan puncak rangkaian kegiatan seperti pertandingan bulu tangkis, tenis, futsal dan bola volley yang tidak hanya melibatkan masyarakat dan diaspora Indonesia di Belgia tetapi juga pertandingan persahabatan antara KBRI Brussel dengan KBRI Den Haag.

Kemeriahan perayaan HUT RI masih akan diikuti oleh dua kegiatan, yaitu bazaar dan panggung gembira pada tanggal 30 Agustus 2015 serta resepsi diplomatik pada tanggal 23 September 2015.

Kegiatan Bazaar dan Panggung Gembira menampilkan 18 stand makanan dan minuman khas nusantara serta stand barang kerajinan Indonesia dan stand BNI, dihadiri masyarakat Indonesia, Friends of Indonesia serta mitra kerja dari berbagai institusi/instansi di Belgia dan Uni Eropa.

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2015

Warga Jayapura kibarkan Merah Putih, tolak OPM

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar