Serpong (ANTARA News) - Perusahaan transportasi ternama Iveco bekerja sama dengan PT Chakra Jawara pada Sabtu meluncurkan truk heavy duty Iveco 682, yang diperuntukkan baik untuk angkutan di jalan raya (on-road) maupun off-road seperti di pertambangan.

Truk model teranyar Iveco itu diluncurkan di arena pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015 di ICE Serpong, Tangerang Selatan, Banten.

Iveco 682 yang terinspirasi oleh Fiat 682, truk heavy duty pertama yang diproduksi antara tahun 1952-1988, itu telah didesain Iveco untuk memenuhi tuntutan pasar Indonesia. Iveco 682 direkayasa untuk mengatasi berbagai macam pekerjaan khusus dan punya adaptasi tinggi terhadap body builder (pengembang badan truk).

Manajer Produk Iveco untuk Australia, Selandia Baru, Asia Tenggara, dan Jepang, Marco Quantara mengatakan bahwa Indonesia merupakan salah satu pasar truk yang paling menjanjikan di Asia Tenggara.

Iveco 682 yang diluncurkan hari ini, menurut Marco, merupakan penggabungan dari semua pengetahuan dan pengalaman Iveco dalam mendesain dan pembuatan truk, sehingga dapat memberikan solusi optimal dalam kekuatan, konsumsi bahan bakar yang ekonomis, dan kualitas serta harga sangat kompetitif.

"Kami yakin bahwa pasar truk Indonesia akan tertarik pada truk baru kami ini yaitu Iveco 682 yang telah terbukti secara kualitas, daya tahan, kehandalan, dan yang paling penting adalah efisiensi biaya yang merupakan keunggulan dari produk Iveco," katanya.

Sementara Teophilus Bambang Wira, Direktur Chakra Jawara, perusahaan solusi peralatan transportasi Indonesia yang menjadi mitra Iveco, mengatakan bahwa sekarang Chakra Jawara merupakan pemegang lisensi eksklusif dari Iveco untuk pasar Indonesia.

Anak usaha PT Tiara Marga Trakindo itu didirikan pada 1 Desember 2000 dan bergerak dalam bidang solusi pelayanan terpadu untuk mesin dan transportasi di Indonesia, dengan pasar perusahaan pertambangan, kehutanan, konstruksi, minyak dan gas, juga angkutan kontainer.

"Dengan jajaran sistem informasi yang dimiliki oleh Tiara Marga Group, semua cabang kami memiliki akses ke program elektronik Aplikasi Sistem dan Produk terintegrasi (SAP), yang dirancang untuk efektivitas pengelolaan persediaan suku cadang dan jadwal operasional," tambah Bambang Wira.

Iveco 682 mengusung desain kabin baru yang diadaptasi dari desain kabin Iveco Stralis yang telah mendapatkan penghargaan nasional. Kabin Iveco 682 yang luas diklaim sangat nyaman, atap tinggi, dan kaca depan yang lebar untuk visibilitas optimal.

Roda kemudi truk tersebut sepenuhnya dapat disesuaikan dan semua kontrol bisa diidentifikasi dengan mudah untuk memastikan berkendara aman dan nyaman. Interiornya, termasuk kursi kemudi, unit AC, 12 kotak penyimpanan didesain untuk menambah kenyamanan berkendara.

Iveco 682 didukung oleh Iveco Cursor 9 dengan kapasitas mesin 8.700 cc enam silinder mesin in-line yang tersedia dalam dua tingkat daya berbeda; 345ps serta 385ps.

Truk ini ditawarkan dengan high tensile steel double neck chassis, dibuat untuk menopang beban berat dan ekstra berat sesuai kebutuhan pelanggan. Kabinnya telah lulus uji ECE-R29-2, didukung sistem pengereman ABS.

Iveco tersedia dalam sistem penggerak 6x4 (GCW 60 ton) untuk varian kepala traktor, sistem penggerak 6x4 (GVW 30 ton) untuk varian Tipper dan model Mixer Beton. Iveco 682 dipasarkan mulai Rp900 juta.
Pewarta: Suryanto
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2015