Jakarta (ANTARA News) - Namanya Honda BR-V Prototype, tampangnya gagah bak SUV, namun mampu mengangkut tujuh penumpang layaknya sebuah MPV.

Ya, mobil terbaru besutan produsen asal Jepang ini memang diposisikan sebagai crossover antara sport utility vehicle dan multi purpose vehicle yang memadukan desain tangguh dan kenyamanan pada SUV dengan utilitas dari MPV.

"Segmen SUV adalah pasar yang berkembang di Indonesia, karena karakternya yang sesuai dengan kondisi jalan di Indonesia. Pada saat yang sama, kami juga sadar bahwa pasar utama di Indonesia masih didominasi kendaraan tujuh penumpang," kata Presiden Direktur PT Honda Prospect Motor, Tomoki Uchida.

Diluncurkan pertama kalinya di dunia pada gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Serpong, Tangerang, BR-V Prototype terus dikerubuti pengunjung hingga hari ketiga pameran otomotif tersebut.

Honda pun menargetkan jumlah booking 1.000 unit untuk mobil yang dibanderol antara Rp230 juta hingga Rp 265 juta tersebut selama ajang GIIAS 2015, 20 hingga 30 Agustus.

Grup idola JKT48 pun turut memberikan sambutan khusus untuk Honda BR-V Prototype. Mereka tampil di panggung yang diapit dua BR-V berwarna merah dan putih.

"Selamat datang buat Honda BR-V yang pertama kali diluncurkan secara global di Indonesia. Warnanya di sini juga sangat spesial, merah dan putih," kata salah satu personil JKT48, Melody Nurramdhani Laksani.

Lebih lengkapnya, Honda BR-V tersedia dalam enam pilihan warna yaitu Taffeta White, Modern Steel Metallic, Crystal Black Pearl, dan tiga warna baru yaitu Misty Green Pearl, Lunar Silver Metallic dan Passion Red Pearl.

Eksterior

Tampilan tangguh Honda BR-V dilengkapi dengan solid motion pillar dan ground clearance setinggi lebih dari 200 milimeter. Roof rails berukuran besar disematkan untuk meningkatkan kenyamanan dan fungsi tambahan.

Pada bagian moncong depan, lampu utama dan grill depan dirancang dalam satu garis yang menyatu untuk menghadirkan tampilan tajam dan lebih lebar dengan desain khas Honda Solid Wing Face.

LED Position Headlight dan Aero Kithadir hadir dengan tampilan yang lebih lebar dan dirancang untuk mencerminkan kesan tangguh, sporty, sekaligus premium. Sementara itu, velg alumunium 16 inchi semakin menyokong tampilan dinamis.

Interior

Untuk menghadirkan nuansa SUV, desain interior dirancang dengan tampilan tangguh dan premium. Interior Honda BR-V menghadirkan kabin yang luas dan kenyaman tertinggi di kelasnya.

Kesan ini tercermin dalam setiap elemen yang memberikan kenyamanan dan kemewahan dengan fitur-fitur canggih, seperti Multi-Information Display.

Honda BR-V menghadirkan ruang lutut dan ruang kepala yang lebih lapang pada baris kedua dan ketiga. Kursi baris ketiga merupakan jenis 50/50 split yang dapat dilipat  untuk menciptakan ruang bagasi yang lebih luas.

AC belakang ditempatkan di antara baris pertama dan kedua untuk memperluas aliran udara ke seluruh area, sehingga memberikan kenyamanan maksimum untuk semua penumpang.

Mesin

Honda BR-V didukung dengan mesin 4-silinder 1.5-liter i-VTEC yang menghasilkan tenaga maksimum 120 PS (88kW) pada 6.600 rpm dan torsi maksimum 145 Nm pada 4.600 rpm.

Mesin ini diklaim memberikan keseimbang antara sensasi berkendara, efisiensi bahan bakar dan emisi CO2 yang rendah. Untuk menawarkan akselerasi lebih halus dan peforma berkendara yang lebih responsif, transmisi manual enam percepatan secara khusus diaplikasikan pada Honda BR-V.

Sementara Honda Continuously Variable Transmission (CVT) dengan Earth Dreams Technology memberikan pilihan transmisi dengan jarak rasio yang luas dalam ukuran yang ringkas.

Fitur keselamatan

Untuk meningkatkan standar keselamatan dan perlindungan bagi penumpang dan pengguna jalan lainnya, Honda menyediakan perlindungan menyeluruh untuk keselamatan berkendara yang mencakup fitur keselamatan aktif dan pasif.

Fitur keselamatannya meliputi VSA (Vehicle Stability Assist), Hill Start Assist, Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), Dualand Front SRS airbag, Front 3-Point Load Limiters with Pretensioner ELR Seat Belt dan ISOFIX.
Oleh
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015