Panda AS Mei Xiang lahirkan bayi kembar

Panda AS Mei Xiang lahirkan bayi kembar

Sepasang bayi panda kembar. (REUTERS/Atlanta Zoo/Handout via Reuters)

Kami semua sangat senang Mei Xiang melahirkan"
Washington (ANTARA News) - Panda besar di National Zoo Amerika Serikat yang bernama Mei Xiang melahirkan bayi kembar Sabtu (22/8) waktu setempat.

"Kami semua sangat senang Mei Xiang melahirkan," kata direktur kebun binatang Dennis Kelly melalui rilis yang diberitakan oleh Reuters.

Mei Xiang melahirkan bayi panda pertama pada pukul 5.34 sore setelah air ketubannya pecah sekitar satu jam sebelumnya, kata petugas kebun binatang.

Empat setengah jam kemudian, pukul 10.07, Mei Xiang melahirkan panda kedua.

"Panda ini lemah melihat ukurannya yang kecil. Tapi, Mei Xiang ibu yang luar biasa." Kelly saat jumpa pers mengatakan petugas kebun binatang sangat berhati-hati dan berharap yang terbaik sejak mereka kehilangan bayi panda berusia enam hari pada 2012.

"Ini waktu yang sangat rentan untuk mereka," kata Kelly tentang bayi panda yang dinyatakan sehat oleh ketua dokter hewan Don Neiffer.

Sebelum melahirkan panda kedua, kata Neiffer, staf kebun binatang meninggalkan Mei Xiang berdua dengan bayinya selama mungkin kecuali terlihat masalah.

"Saya sangat ingin ibu dan bayi punya waktu bersama," kata Neiffer.

Mei Xiang melahirkan dua panda yang bertahan hidup Tai Shan pada 2005 dan Bao Bao 2013.

Mei Xiang diinseminasi buatan dengan sperma beku panda Tiongkok Hui Hui dan panda National Zoo Tian Tian pada 26-27 April. Menurut Kelly, jenis kelamin bayi dan siapa ayahnya akan ditentukan belakangan. Ia menambahkan nama kedua panda belum ditentukan.

Panda besar, salah satu satwa nyaris punah dunia, dikenal dengan garis hitam putih di mata mereka.

Dengan waktu reproduksi yang sangat rendah, terutama yang hidup di kandang, habitat alami mereka berada di pegunungan di Tiongkok. Sekitar 1.600 panda hidup di alam liar dan 300 di kandang, kebanyakan berada di Negeri Tirai Bambu, demikian Reuters melaporkan.

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2015

Panda raksasa di kebun binatang Prancis lahirkan bayi kembar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar