Jakarta (ANTARA News) - Dua tahun setelah merilis otobiografi, Morrissey akan menerbitkan novel perdana berjudul "A List of the Lost" September tahun ini.

Penguin Books akan menerbitkan buku itu akhir September dalam bentuk buku bersampul namun belum mengonfirmasi tanggal persisnya.

Kabar itu diumumkan di situs penggemar Morrissey True to You, Sabtu waktu setempat. Hingga kini, belum banyak informasi mengenai isi buku tersebut.

Bekas pentolan Smiths itu mengumumkan dia sedang menulis buku pada Januari 2014 dalam sesi tanya jawab di True to You.

Saat itu dia mengisyaratkan kepindahannya ke dunia penerbitkan didorong oleh kesulitannya bertahan di industri musik baru-baru ini, setelah bertahun-tahun gagal menandatangani kontrak dengan perusahaan rekaman.

Capitol mengakhiri kontrak dengan Morrissey musim panas lalu setelah meluncurkan "World Peace is None of Your Business".

Morrissey mengatakan, "Tahun 2013 saya menerbitkan otobiografi dan itu lebih sukses dari rekaman mana pun yang pernah saya rilis, jadi, ya, saya tengah menulis novel."

"Saya punya harapan. Kenyataannya stasiun-stasiun radio tidak mau memutar musik saya, dan mayoritas orang telah kehilangan kepercayaan pada industri musik," katanya seperti dilansir laman Telegraph.

"Dan ada asumsi umum -yang mungkin benar-  bahwa posisi pertama tangga lagu "dibeli" oleh label besar, jadi tidak ada lagi gairah tersisa di musik pop atau rock, dan saya kira orang tidak langsung percaya bahwa wajah-wajah yang sering kita lihat di televisi dan majalah itu sangat populer."

Otobiografi Morrissey berjudul "Contemporary Classic" yang diterbitkan Penguin menempati peringkat pertama tangga buku pada 2013.

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2015