Jakarta (ANTARA News) - Pusat Promosi Kesehatan Kementerian Kesehatan menegaskan bahwa salah satu upaya untuk mencegah penyakit diabetes adalah menjalankan gaya hidup sehat, yang setidaknya termaktub dalam aksi CERDIK.

"Pencegahan diabetes dari Promosi Kesehatan Kementerian Kesehatan yakni Cek kesehatan, Enyahkan asap rokok, Rajin beraktivitas, Diet seimbang, Istirahat cukup, dan Kelola stres (CERDIK)," kata Hanna Herawati dari Pusat Promosi Kesehatan Kementerian Kesehatan, di Jakarta, Senin.

Menurut dia, akan lebih baik jika CERDIK ini mulai dilakukan orang-orang sehat agar tak sampai terserang diabetes. Diet seimbang di antaranya mengonsumsi sayur-sayuran, buah-buahan, gandum, lemak tak jenuh, produk susu dan daging tanpa lemak.

Kemudian, tidak memakan satu jenis makanan secara berlebihan dan tidak melewatkan jam makan. Lalu untuk aktivitas fisik, disarankan berupa aerobik seperti jalan, lari bersepeda, berenang. Di samping itu, melakukan latihan angkat beban untuk melatih otot, peregangan untuk melatih fleksibilitas.

Hanna mengatakan, data Riskesdas hingga 2007 memperlihatkan risiko diabetes muncul di antaranya akibat gaya hidup yang meliputi kebiasaan merokok, kurang melakukan aktivitas fisik, kurang konsumsi sayur dan buah, mengonsumsi alkohol, obesitas dan konsumsi makanan cepat saji.

Data WHO beberapa waktu lalu memperlihatkan, Indonesia berada pada peringkat kelima untuk jumlah penderita diabetes terbanyak di dunia, yakni mencapai 9,1 juta orang.

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015