Bruges, Belgia (ANTARA News) - Marouane Fellaini bisa menjadi solusi untuk masalah gol Manchester United, kata manajer Louis van Gaal seraya menyatakan akan memasang pemain itu pada posisi menyerang selama musim ini.

Sundulan pada masa injuri dari pemain Timnas Belgia itu membawa United menang 3-1 dari Club Brugge pada leg pertama playoff Liga Champions pekan lalu.  Pemain berusia 27 tahun akan turun sejak awal pertandingan Kamis dini hari WIB nanti melawan Bruges.

Di luar hasil laga melawan Bruge, United kesulitan menciptakan gol pada musim ini dengan hanya menciptakan dua gol dari tiga laga Liga Utama Inggris. Namun kini Van Gaal yakin Fellaini bisa ikut mengatasi masalah gol itu.

"Dia bisa bermain pada posisi (nomor) sembilan dan 10, tetapi dia juga dapat bermain pada posisi enam dan delapan," kata Van Gaal dalam jumpa pers prapertandingan di Jan Breydel Stadium.

"Tetapi tahun ini dia akan lebih banyak bermain pada posisi 10 dan sembilan ketimbang enam dan delapan karena pada posisi-posisi itu sudah ada pemain lain."

Musim lalu United memang memiliki banyak opsi di depan, namun hengkangnya Robin van Persie dan Radamel Falcao membuat Wayne Rooney menjadi ujung tombak dalam serangan, sedangkan di lapangan tengah kini lebih banyak pilihan setelah bergabungnya Morgan Schneiderlin dan Bastian Schweinsteiger.

Fellaini menghadapi kesulitan sebagai gelandang tengah pada debutnya di MU di bawah David Moyes --mantan manajernya di Everton -- pada musim 2013-14, namun menciptakan banyak gol musim lalu setelah lebih didorong ke depan oleh Van Gaal.

"Dahulu saya bermain pada nomor 10 dan nomor sembilan kadang-kadang, ketika saya harus membantu tim, oleh karena itu saya bisa bermain di posisi itu dan saya bisa membantu rekan-rekan satu tim dan tim saya," kata Fellaini.

"Bagi saya tidak penting di mana saya bermain. Yang paling penting adalah memenangi pertandingan. Tentu saja memang beda saat bermain sebagai gelandang dan striker atau nomor 10, tetapi saya menyenangi semua posisi yang bisa saya mainkan."

Dia melanjutkan, "Semua orang tahu musim pertama saya sulit, tapi kini itu sudah lewat, jadi kini saya menatap ke depan. Tahun lalu saya melakukannya dengan baik sekali dan saya ingin berlanjut seperti itu."

"Saya tahu rekan-rekan satu tim saya, manajer dan filosofi manajer, jadi saya hanya berusaha melakukan lebih baik dan menciptakan lebih banyak gol."

Gol leg pertama Fellaini yang dirancang rekrutan baru Memphis Depay yang sudah menciptakan dua gol, membuat United favorit kuat mencapai fase grup Liga Champions setelah musim lalu absen dari turnamen ini yang adalah pertama kali terjadi dalam 19 tahun terakhir, demikian AFP.


Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015