Jakarta (ANTARA News) - Dinas Kebersihan DKI Jakarta menggelar pelatihan ketertiban dan keamanan lalu lintas kepada para sopir truk sampah selama dua hari mulai Rabu (26/8) hingga Kamis.

"Pelatihan ketertiban dan keamanan lalu lintas itu bertujuan agar pengemudi truk sampah dapat menerapkan sikap disiplin, tertib, dan bertanggung jawab dalam menjalankan tugasnya," kata Kepala Dinas Kebersihan DKI Isnawa Adji di Jakarta, Kamis.

Pelatihan itu, katanya, untuk menjamin ketaatan para sopir selama berlalu lintas di jalan. Dengan begitu, diharapkan para sopir tidak mengemudikan kendaraannya secara ugal-ugalan.

"Pelatihan ini sangat penting karena diharapkan dapat mencegah terjadinya pelanggaran lalu lintas dan kecelakaan akibat kelalaian dari pengemudi saat membawa kendaraan di jalan raya," ujar Isnawa.

Dalam pelatihan tersebut, Dinas Kebersihan mendatangkan pelatih dari PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI), Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, dan Dinas Kebersihan DKI Jakarta.

"Selama pelatihan, para sopir diajarkan pengetahuan mengenai jenis kendaraan, pengecekan harian, teknik mengemudi yang baik dan benar, keselamatan berkendara dan cara mengemudi yang dapat menghemat bahan bakar," katanya.

Senior Executive Office (Service and Sparepart Division) PT Hino Motor Sales Indonesia Irwan Supriono mengatakan pelatihan itu merupakan salah satu wujud kepedulian kepada para pelanggan.

"Karena mayoritas truk sampah milik DKI Jakarta bermerek Hino yang dibeli melalui proses e-purchasing. Selain pelatihan, kami juga siap melakukan perawatan kendaraan di jaringan bengkel resmi Hino dengan skema contract service," kata Irwan.

Pewarta: Cornea Khairany
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2015